Loading...
Loading…
Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Tindik

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Tindik

Seleb | celebrities.id | Rabu, 27 April 2022 - 21:31

JAKARTA, celebrities.id - Hal yang perlu diketahui sebelum tindik harus dipelajari dengan teliti. Sebab, tindakan tindik sembarangan bisa menyebabkan masalah kesehatan jika dilakukan bukan oleh tenaga profesional.

Selain itu, pelubangan atau penggunaan aksesori yang tidak higienis meningkatkan risiko infeksi pada area tindik. Bukannya bikin tampilan lebih menarik, bisa-bisa hidung, telinga, atau area tubuh lainnya yang mau ditindik malah luka serius.

Lantas, apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum tindik? Berikut ulasannya dilansir MNC Portal dari laman Seventeen, Rabu (27/4/2022):

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Tindik

1. Pilih tempat yang proper

Dokter kulit yang berbasis di Austin, Amerika Serikat, dr Red Lain, merekomendasikan Anda untuk tindik di dokter kulit atau tempat tindik bersertifikasi.

"Jangan coba-coba tindik di sembarang tempat karena dapat menyebabkan jaringan parut permanen dan dapat menimbulkan pembentukan kista di bawah kulit," ujar dr Lain.

2. Jangan ragu pastikan alat-alat yang dipakai semua higienis

Anda sebagai pelanggan jangan pernah ragu atau malas bertanya apakah alat yang dipakai semuanya higienis dan terjamin bebas infeksi virus. Bahkan, Anda boleh bertanya sudah berapa lama si penindik melakukan pekerjaannya untuk menjamin keamanan dan kualitas tindik yang Anda dapatkan.

3. Minta anti-alergi jika Anda alergi logam

Kejujuran itu sangat penting, termasuk sesaat sebelum Anda ditindik. Artinya, jika Anda punya alergi logam, maka bilang ke petugas yang akan menindik untuk diberikan anti-alergi. Ini agar meminimalisir efek tindik yang bisa terjadi.

4. Akan merasakan sakit beberapa hari

Hal yang wajar jika Anda baru saja ditindik mengalami sakit di area tindikan. Dijelaskan di laman Seventeen, efek sakit usai ditindik itu biasanya bertahan selama 24-48 jam.

"Jika kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit terus bertambah parah, jangan ragu untuk segera ke dokter untuk mendapat penanganan," kata dr Lain.

5. Ada bekas luka di sekitar tindikan

Pada beberapa kasus, area di sekitar tindikan akan luka. Karena itu, Anda harus memberi perhatian penuh pada area yang baru ditindik beberapa hari setelahnya.

Original Source

Topik Menarik

{
{