Elon Musk Beli Twitter Rp635,8 Triliun, Ingin Sediakan Plaform Bebas Berekspresi

Elon Musk Beli Twitter Rp635,8 Triliun, Ingin Sediakan Plaform Bebas Berekspresi

Seleb | celebrities.id | Selasa, 26 April 2022 - 15:01
share

JAKARTA, celebrities.id - Twitter resmi dibeli Elon Musk. Proposal yang diajukan senilai 44 miliar dolar Amerika Serikat atau setera Rp635,8 triliun.

Elon Musk akan menjadi salah satu investor saham terbesar di Twitter. Hal itu sesuai dengan ketentuan, pemegang saham akan menerima 54,20 dolar Amerika Serikat secara tunai untuk setiap saham Twitter yang dimiliki.

Untuk mengakuisisi Twitter, Elon Musk mengungkapkan bahwa dirinya akan menganggarkan sebesar 46,5 miliar dolar Amerika Serikat dalam pembiayaannya.

Keputusan Elon Musk dengan dewan Twitter akan menjadi jalan terbaik kedepannya sebagai pemegang saham Twitter.

"Saham Twitter naik hampir enam persen setelah pengumuman kesepakatan, melayang sekitar 51,84 dolar Amerika, hanya sedikit dari harga penawaran. Kesepakatan itu menunggu persetujuan dari pemegang saham dan regulator," ujarnya.

Bukan sekadar berinvestas, rupanya Elon Musk sendiri merupaka pecinta Twitter. Laki-laki yang berniat tinggal di Mars itu juga seorang pengguna aktif Twitter dengan jumlah pengikut lebih dari 83 juta.

Tujuan Elon Musk Membeli Twitter

Niat Elon Musk membeli Twitter tak lain adalah menjadikan media sosial tersebut sebagai platform yang bebas bagi netizen untuk berekspresi dan berpendapat.

Elon Musk mengatakan "Kebebasan berbicara adalah landasan dari demokrasi yang berfungsi, dan Twitter adalah alun-alun kota digital di mana hal-hal penting bagi masa depan umat manusia diperdebatkan."

Selain itu, Elon Musk tak memungkiri potensi besar yang di miliki Twitter.

"Twitter memiliki potensi luar biasa, saya berharap dapat bekerja sama dengan perusahaan dan komunitas pengguna untuk membukanya," sambung Elon Musk.

Elon Musk kembali menekankan bahwa tujuan dia membeli Twitter yakni untuk meningkatkan kebebasan berbicara di platform, dan bekerja untuk "membuka" "potensi luar biasa" di Twitter.

Topik Menarik