Properti Tari Jaipong dan Alat Musik Pengiringnya

Properti Tari Jaipong dan Alat Musik Pengiringnya

Seleb | celebrities.id | Kamis, 21 April 2022 - 13:24
share

JAKARTA, celebrities.id - Properti tari Jaipong menjadi pemanis saat penari mulai melenggak-lenggok saat pementasan. Tarian yang satu ini tentu sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, berasal dari daerah Jawa Barat dan dikenal dengan penarinya yang pandai menari.

Tari Jaipong juga memerlukan busana sebagai penunjang saat pertunjukan. Tari Jaipong sendiri merupakan kesenian tari Jawa Barat yang diciptakan oleh seniman asal Bandung yang bernama Gugum Gumbira Tirasondjaja.

Berikut ini celebrities.id telah merangkum properti tari Jaipong dan alat musik pengiringnya dari berbagai sumber, Kamis (21/4/2022).

Properti Tari Jaipong

1. Apok

Apok terdiri dari baju atasan pria. Namun, kostum yang satu ini juga dapat digunakan oleh perempuan. Properti ini dilengkapi dengan kancing layaknya pakaian umumnya. Hanya saja terdapat beberapa hiasan bunga-bunga pada setiap bagiannya.

Apok juga termasuk salah satu properti utama yang perlu dikenakan. Pakaian ini juga cukup memiliki ciri khas sehingga dapat membedakannya dengan pakaian pada tarian lainnya. Tentu saja penari akan semakin maksimal saat membawakan tariannya menggunakan kostum yang satu ini.

2. Sampur

Properti sampur terbuat dari kain panjang menyerupai selendang yang dikalungkan pada leher para penari. Selain sebagai salah satu bagian kostum, sampur juga termasuk properti utama para penari jaipongan.

Hampir setiap gerakan, penari biasanya memainkan kain sampur yang menyerupai selendang ini. Kepiawaian para penari dalam memainkan gemulainya telapak tangan dan siku menimbulkan keunikan gerakan yang mereka pertunjukan.

3. Sinjang

Sinjang merupakan kain yang menyerupai celana panjang dan diikatkan pada pinggang hingga kaki. Saat ini tari Jaipong telah banyak mengalami perubahan terutama pada properti dan gerakan tari yang dipakai.

Salah satu properti tari Jaipong yang mengalami perubahan adalah Sinjang. Namun meskipun telah mengalami banyak perubahan, makna yang terkandung dalam tarian ini tidak berubah.

4. Hiasan Kepala

Hiasan kepala bermanfaat untuk memperkaya penampilan para penari di atas panggung. Beragam motif dan bahan tersemat di rambut para penari wanita yang ditata dalam bentuk sanggul.

Alat Musik Pengiring Tari Jaipong

1. Kecrek

Kecrek merupakan alat musik tradisional yang terdiri dari lempengan logam kemudian dijadikan satu. Alat tersebut nantinya dapat menghasilkan bunyi dengan cara dipukul. Adapun bunyi tersebut seperti crek-crek sesuai dengan nama alat musik tersebut.

Dalam penggunaannya alat musik tersebut berfungsi sebagai penanda atau aba-aba bagi para penari. Tidak hanya itu saja, alat ini juga dapat digunakan sebagai penghias sebuah irama lagu. Dengan begitu, akan semakin membuat indah iringan musik nantinya.

2. Rebab

Rebab merupakan alat musik pelengkap dalam tarian jaipong. Alat musik ini terdiri dari tiga senar dan dimainkan dengan cara dipetik. Suara rebab menghasilkan ritme yang membuat tarian semakin hidup.

3. Gong

Gong digunakan sendiri dengan cara dipukul memakai alat khusus. Nantinya suara yang ditimbulkan akan menjadi iringan musik tertentu sehingga membuat tarian semakin indah untuk dihayati.

Gong termasuk salah satu alat musik pukul yang sudah cukup populer di Asia Timur hingga Asia Tenggara. Alat tersebut dibuat dengan cara ditempa kemudian dibentuk nadanya saat sesudah dibilas dan dibersihkan. Kemudian jika nada belum sesuai, maka akan dikerok lebih tipis lagi.

4. Gendang

Gendang merupakan alat musik yang digunakan untuk memberi ketukan penari jaipong saat menari. Alat musik ini sering digunakan dalam kesenian tradisional Jawa Tengah dan Jawa Barat. Gendang dimainkan dengan cara ditabuh dengan tempo cepat sehingga sanggup membawa penonton menikmati hiburan jaipongan.

5. Kecapi

Kecapi merupakan alat musik yang berasal dari daerah Sunda. Keberadaannya juga dapat digunakan sebagai pelengkap pentas. Irama musik yang dihasilkan pun akan semakin menarik dan membuat penonton lebih menikmatinya.

Kecapi sendiri pada dasarnya merujuk kepada tanaman sentul. Dimana tanaman tersebut cukup dipercaya oleh masyarakat setempat. Kemudian kayunya dapat digunakan untuk membuat alat musik kecapi tersebut sehingga dapat digunakan untuk mengiringi tarian tertentu.

Topik Menarik