Loading...
Loading…
20 Oleh Oleh Khas Bali Termurah dan Paling Terkenal untuk Wisatawan

20 Oleh Oleh Khas Bali Termurah dan Paling Terkenal untuk Wisatawan

Seleb | celebrities.id | Selasa, 19 April 2022 - 19:25

JAKARTA, celebrities.id - Oleh oleh Khas Bali biasanya mulai dari jajanan, makanan, aksesoris, kaos, tas hingga souvenir. Selain terkenal dengan objek wisata pantai dan budayanya. Daripada membeli aneka oleh-oleh yang itu-itu saja seperti magnet tempelan kulkas atau gantungan kunci, lebih baik cari produk yang benar-benar menjadi ciri khas dari destinasi liburan kita.

Oleh-oleh khas Bali layak dijadikan pilihan karena varian yang unik dan mungkin saja tidak ada di tempat lainnya di Pulau Dewata sehingga memberikan kesan tersendiri bagi siapa saja yang membeli atau menerimanya.

Bali juga memiliki kuliner yang cukup khas sehingga sangat cocok sebagai oleh-oleh khas ketika kita pulang dari pulau tersebut. Oleh-oleh khas Bali ini sendiri tentu sesuatu yang sangat istimewa di Bali.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (27/2/2022) Celebrities.id telah merangkum beberapa oleh-oleh khas Bali, sebagai berikut: Deretan Oleh Oleh Khas Bali 1. Kaos Joger

Selain terkenal karena kekhasannya, Kaos merupakan oleh-oleh paling tahan lama karena bukan makanan yang memiliki masa kadaluarsa. Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Bali wajib memiliki Kaos Joger. Maka tak heran jika ada istilah belum lengkap berwisata ke Bali jika belum mampir ke Joger.

Baca Juga :
Pesona 5 selebgram pakai baju adat Bali ini curi perhatian

Tidak hanya kaos Joger yang ada disana, beberapa aksesoris termasuk sandal, gantungan kunci, hingga souvenir khas Bali tersedia lengkap. Kaos Joger memang terkenal karena kata-katanya yang unik dan kritis sehingga wisatawan dibuat penasaran dengan beragam tulisan-tulisan yang terpampang pada kaos.

Adapun tarif yang ditawarkan sangat beragam termasuk harga kaos joger, ditentukan dengan kualitas barang mulai dari 100 ribuan. Untuk kita yang ingin membawa Joger sepulang dari Bali bisa datang ke Jalan Raya Kuta dan Jalan Raya Denpasar Bedugul KM 37,5. 2. Sambal Hot Mama

Terkenal dengan cita rasanya yang pedas dan lezat. Untuk pecinta pedas pas bisa membawa Hot Mama Sambal sebagai oleh-oleh khas Bali. Bukan sembarang sambal, kita akan dibuat kepedasan saat menyantapnya dengan nasi hangat.

Soal pilihan rasa, sambal ini punya banyak varian. Salah satunya adalah Sambal Bongkot yang mirip dengan sambal matah menggunakan campuran kecombrang, bawang putih dan cabai. Selain itu masih ada juga sambal ebi, sambal bawang dan sambal roa yang tak kalah pedasnya. 3. Pie Susu Dhian

Baca Juga :
Potret 7 penyanyi wanita pakai baju adat Bali, Siti Badriah memukau

Camilan legit satu ini wajib kita beli untuk oleh-oleh. Pie susu Bali memiliki tekstur dan bentuk unik pada bagian pinggirnya memiliki rasa gurih dan renyah sedangkan di bagian tengahnya terdapat sebuah fla yang manis.

Selain itu, camilan khas ini memang lembut sejak gigitan pertama. Maka tak heran bila disukai banyak kalangan. Di Bali sendiri ada dua merk pie susu yang cukup terkenal dan dijadikan buah tangan yakni Pie Susu Asli Enaaak, kemudian juga ada Pie Susu Dian.

Tak hanya manis, pie susu juga memiliki varian rasa yang beragam selain original. Mulai dari stroberi, keju, cokelat, blueberry dan lainnya. Mendapatkan pie susu ini tidaklah sulit karena banyak dijual di pusat oleh-oleh. 4. Baju Barong

Baju barong merupakan salah satu pakaian yang memiliki ciri khas gambar barongan yaitu tokoh dalam mitologi Bali dan Jawa.

Barongan telah dipercaya sebagai sosok spiritual pelindung masyarakat Bali dan simbol kemenangan serta kebaikan. Baju-baju dengan karakter barong sangat mudah ditemui, seperti di toko oleh-oleh, pasar atau mal. 5. Kerupuk Kaki Ayam

Oleh-oleh khas Bali lainnya yang bisa dicoba adalah kerupuk kaki ayam. Kerupuk ceker ayam atau nama lainnya adalah kerupuk kaki ayam merupakan makanan khas Bali yang sering menjadi pilihan para wisatawan domestik sebagai oleh-oleh ketika ingin meninggalkan pulau ini.

Kerupuk ini sendiri memang terbuat dari kaki ayam pilihan yang diolah dari bumbu-bumbu rempah tradisional sehingga akan menjadikan makanan yang satu ini benar-benar halal 100% dan tanpa bahan pengawet. Rasanya yang gurih dan renyah merupakan sesuatu yang melekat pada produk ini. 6. Pia Kukus Made

Pia Kukus Made Bali adalah pia kukus pertama dan satu-satunya di Bali. Berbeda seperti pia lainnya di Bali, Pia Kukus Made ini memiliki size yang lebih besar dengan tekstur lembut yang tersedia dalam dua pilihan kulit yakni original dan cokelat.

Kulit original pia kukus bali ini berwarna cream sedikit coklat sedangkan yang versi coklat berwarna agak hitam-hitam menawan. Oleh oleh khas Bali ini ada dalam tiga varian rasa yakni coklat, kacang hijau dan keju.

Pia Kukus Made Bali yang dapat dibeli di shopping mall seperti Discovery Mall, Bali Galeria, Beachwalk dan beberapa tempat perbelanjaan oleh-oleh seperti Krisna Bali, Agung Bali, Kosayu, Bali Hawaii, Joger dan beberapa souvenir shop lainnya yang tersebar di berbagai kawasan. 7. HeavenlyChocolate

Baca Juga :
4 Kota dengan Ragam Street Food Terbaik di Seluruh Dunia

Heavenly Chocolate Bali sebenernya adalah cemilan ala Jepang, uniknya cokelat ini terbuat dari Belgian Chocolate terbaik yang dipadukan dengan Cacao Bali. Dari segi rasa pun bervariatif. Teksturnya lembut dan begitu masuk mulut terdapat sensasi melting.

Pilihan rasanya pun beragam. Untuk yang non-alcohol ada rasa Dark Chocolate, Milk Caramel, Matcha dan Taro. Jika ingin ada sedikit rasa-rasa alcohol, bisa mencoba yang Baileys dan Rum. 8. Kebaya Bali

Kebaya Bali juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh setelah menghabiskan waktu liburan ke Bali. Model kebaya yang khas dengan ornamen bunga serta bordiran di setiap bagian kebaya membuat siapapun yang mengenakannya akan terlihat cantik. Pilihan warna dan model kebaya Bali yang tersedia juga beragam mulai dari putih polos hingga kebaya Bali modern berwarna terang. Bahkan sekarang sudah mulai banyak kebaya Bali hijab untuk wisatawan muslim yang juga ingin terlihat anggun menggunakan kebaya Bali.

Kita bisa mendapatkan satu setel kebaya khas Bali ini di pusat oleh-oleh Bali seperti Krisna Bali atau toko kain Bali. Harga yang dijual juga bervariasi tergantung dengan model atau ukuran kain yang digunakan untuk membuat kebaya. 9. Kacang Disco

Kacang disco merupakan salah satu camilan yang cocok untuk dijadikan kudapan saat menonton film. Makanan ini dijual di toko oleh-oleh dan mudah dicari. Berbagai rasa bisa ditemukan saat belanja kacang disco.

Mulai dari pedas, keju, hingga campuran pedas manis. Jika ingin mencicipi kacang disco dengan rasa yang cukup unik, kita bisa beli Kacang Disco Rajawali yang menawarkan rasa soto ayam, udang, rumput laut dan ayam taliwang. 10. Pia Legong

Pia Legong terkenal tahan lama. Makanan ringan ini dibuat tanpa menggunakan mesin dan jumlah rasanya terbatas diantaranya keju, kacang hijau dan cokelat. Rasanya yang enak dan renyah membuat kue ini banyak diburu wisatawan dengan banderol harga sekitar 90 ribuan per dus (isi 8 buah).

Adapun lokasi untuk mendapatkan Pia Legong berada di Jalan By Pass Ngurah Rai, Ruko Kuta Megah 15 Kuta, Bali. 11. Batu Batu Bali

Untuk para pecinta batu-batu antik pun Ubud memiliki surganya tersendiri. Coba saja kunjungi toko Batu Batu Bali. Di sini, kita bisa menemukan beragam jenis bebatuan alam yang indah dan antik.

Semua batu yang ada di sini adalah batu pilihan yang berasal dari Indonesia dan ada pula yang diimpor dari luar negeri. Bukan hanya sekadar untuk koleksi, di sini juga kita bisa mendapatkan perhiasan perak nan cantik dengan hiasan batu.

Salah satu yang menarik adalah batu Green Opal yang dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Lalu ada juga batu air yang tidak kalah unik, bayangkan saja di dalam bebatuannya kita bisa melihat gelembung udara dan air. 12. Kacang Koro Bali

Kacang koro bisa didapatkan di hampir semua wilayah di Indonesia. Namun, kacang koro Bali ini sedikit berbeda jika kita lihat dan bandingkan dengan kacang koro lainnya. Terutama dari segi bentuknya yang tipis dan kecil. Kacang koro Bali bercita rasa lezat, gurih dan asin semuanya berpadu menjadi satu saat kita memakannya di mulut.

Sebagai camilan, kacang koro Bali juga sangat cocok dijadikan teman saat bersantai atau dalam acara kumpul-kumpul bersama sahabat dan keluarga. Salah satu kacang koro Bali yang bisa kita dapatkan adalah yang merek De&Di dengan ukuran yang beragam mulai dari 250 gram. 13. Udeng

Sebagai pasangan dari Kebaya Bali yang dikenakan wanita, kita bisa membeli Udeng yang biasa digunakan kaum pria di Bali. Udeng atau ikat kepala khas Bali ini bisa kita jumpai hampir di setiap tempat wisata Bali maupun pura.

Berbeda dengan Udeng Jawa, Udeng Bali memiliki warna lebih mencolok yang masing-masing warnanya memiliki makna tersendiri. Namun saat ini Udeng Bali bisa digunakan kapanpun dan oleh siapapun tidak hanya pada saat pelaksanaan upacara tertentu.

Kita bisa mendapatkan Udeng Bali ini di pasar-pasar tradisional, pusat oleh-oleh Bali atau langsung di tempat pengrajinnya di Desa Sidemen. Harga iket Bali ini juga masih sangat terjangkau mulai dari Rp15.000,00 hingga Rp50.000,00 tergantung jenis motifnya. 14. Bagiak Bali

Camilan yang renyah satu ini memang memiliki rasa yang gurih karena terbuat dari tepung sagu yang dipanggang sehingga sangat cocok untuk menjadi teman minum teh ataupun kopi. Oleh-oleh khas bali yang satu ini merupakan oleh-oleh cemilan yang cukup terkenal.

Baca Juga :
Kopi Kintamani Jadi Daya Tarik Wisatawan Dunia ke Bali

Bagiak sendiri memang memiliki tekstur yang cukup renyah dan manis yang tidak terlalu kuat. Biasanya oleh-oleh ini disajikan pada saat sore hari dan ditemani dengan secangkir teh ataupun kopi hangat.

Rasa dari bagiak ini sendiri memang mirip seperti dengan bage khas sulawesi akan tetapi bedanya adalah cara pembuatannya dimana di Sulawesi pembuatannya dibakar dan dibungkus dengan daun. 15. Brem dan Arak Bali Dewi Sri

Arak juga bisa menjadi alternatif oleh-oleh khas Bali untuk yang suka dengan minuman beralkohol. Dewi Sri merupakan sebuah merk yang terkenal dengan Brem dan Arak nya. Brem adalah minuman beralkohol yang berasal dari fermentasi ketan hitam dan putih yang di campur menjadi sebuah minuman.

Biasanya minuman ini digunakan ketika upacara adat yang biasanya dilakukan di Bali. Jika kita ingin membelikan oleh oleh minuman khas Bali ini, bisa membelinya di The Keranjang Bali yang berada di Jalan Raya Kuta No 70 72 Bali atau juga berada di seberapa Krisna Bali yang di Jalan bypass, Badung.

Oleh-oleh khas Bali ini juga dapat didapatkan di Dewi Sri langsung yang berada di Jalan Danau Tondano atau di wine shop yang menyediakan minuman berakohol ini. Jangan khawatir karena minuman ini sudah terdaftar di BPOM RI. 16. Bakpia Bali

Tidak hanya Jogja yang punya makanan bakpia ini. Dari segi wujudnya memang tidak jauh berbeda antara Bakpia Bali dengan bakpia lainnya. Kudapan ini sama-sama terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang lalu dibungkus dengan tepung.

Pematangannya dilakukan dengan cara dipanggang. Tapi variasi rasa bakpia juga semakin banyak. Ada rasa cokelat, keju, stroberi, kacang tanah dan beberapa lainnya. 17. Topeng Bali

Bali juga terkenal dengan karya seni ukirannya yang khas dan menarik seperti misalnya Topeng Bali. Bentuk Topeng Bali yang khas dan penuh warna menjadikannya salah satu souvenir Bali yang selalu dicari wisatawan.

Topeng Barong dan Topeng Leak Seram termasuk jenis topeng Bali yang sangat diminati wisatawan. Kita bisa mendapatkan topeng Bali ini di sejumlah pasar seni Bali seperti Pasar Seni Sukawati atau Pasar Seni Kumbasari.

Beberapa galeri seni ukir di Desa Mas Bali juga menawarkan kursus mengukir Topeng Bali yang hasilnya bisa kita bawa pulang. Topeng Bali ini bisa menjadi oleh oleh khas Bali terunik yang bisa kita dapatkan saat berlibur di Bali. 18. Kopi Kintamani

Untuk penggemar kopi, jangan sampai melewatkan kopi Kintamani. Seperti namanya, kopi arabika ini memang dibudidayakan di kawasan Kintamani, Bali. Rasa yang paling menonjol dari kopi kintamani adalah rasa jeruk yang sedang dan tidak terlalu pahit.

Tingkat keasamannya sendiri cukup rendah. Kita juga bisa mencium aroma citrus dan herbal yang semerbak. Kopi ini juga sudah mendunia, beberapa negara tujuan ekspornya antara lain Jepang, Australia, Arab dan Eropa. 19. Salak Bali

Bali juga terkenal dengan salak yang memiliki dua jenis rasa yaitu salak biasa yang rasanya kecut dengan tekstur isi daging buah yang tebal dan salak gula pasir yang rasanya manis, tekstur isi daging buah lebih tipis dari salak bali biasa.

Sesuai dengan namanya, salak gula pasir memang terasa manis meskipun ukurannya kecil. Saat sedang musim, harga per kilogram salak sekitar 18 ribuan, tapi saat tidak musim harganya bisa mencapai 60 hingga 90 ribuan.

Ada banyak tempat yang bisa kita kunjungi untuk mendapatkan Salak Bali seperti Pasar Sindhu, Sanur, Denpasar, dan lain sebagainya. 20. Sabun Burat Wangi

Sabun batang homemade asli Bali ini bisa jadi pilihan oleh-oleh. Kualitas sabun Burat Wangi memang tidak perlu diragukan lagi. Terbuat dari ekstrak kelapa, sabun ini akan membuat kulit kita terasa lembab dan lembut.

Soal wanginya, ada banyak pilihannya mulai dari jeruk dan madu hingga frangipani. Untuk sampai di toko Burat Wangi ini, kita memang perlu sedikit lebih jeli untuk menemukan plang namanya. Kita juga bisa melihat langsung pembuatan sabunnya.

Original Source

Topik Menarik