5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di HP, dari Ubah Pengaturan hingga Gunakan Custom Kernel

5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di HP, dari Ubah Pengaturan hingga Gunakan Custom Kernel

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 15 April 2022 - 13:48
share

JAKARTA, celebrities.id - Ada beberapa cara memperkuat sinyal wifi di HP agar koneksi internet menjadi stabil. Tentunya memiliki sinyal wifi yang lemah akan menghambat aktivitas saat menggunakan HP.

Apalagi, jika sambungan wifi tersebut sedang sangat dibutuhkan untuk urusan pekerjaan atau tugas. Lalu, bagaimana cara memperkuat sinyal wifi di HP?

Berikut ini celebrities.id merangkum lima cara memperkuat sinyal wifi di HP dari berbagai sumber, Jumat (15/4/2022).

5 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di HP

1. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Cara pertama untuk memperkuat sinyal wifi di HP adalah dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal. Pada layanan google play store maupun app store ada banyak aplikasi yang mendukung penguat sinyal, diantaranya WiFi Booster, Network Signal Booster, WiFi Overview 360, dan lainnya.

2. Ubah Pengaturan Wifi

Cara kedua yang dapat kamu coba lakukan untuk memperkuat sinyal wifi pada smartphone kamu yaitu dengan mengubah pengaturan wifi. Berikut cara mengubah pengaturan dan frekuensi WIFI.

Akses menu Settings > WiFi > Advanced Settings > WiFi Frequency Band. Ubah ke frekuansi yang 5GHz.

3. Update Radio Terbaru

Cara ketiga dalam mempertahankan sinyal Wifi agar tetap kuat adalah dengan meng-update radio terbaru. Radio yang dimaksudkan merupakan sebuah konektivitas firmware yang terdapat pada perangkat kamu. Segera perbarui sistem, firmware untuk kinerja hardware yang maksimal.

4. Hindari Pemakaian Casing yang Berat dan Mengandung Logam

Cara keempat supaya wifi HP kamu tetap kuat yaitu dengan melepas softcase atau hardcase di handphone kamu. Kemudian mendekat pada router Wifi. Apabila cara tersebut membuat koneksi WIFI kuat dan cepat maka penyebab utama yaitu casing smartphone kamu. Banyak variasi casing handphone yang terbuat dari bahan campuran logam. Memang hal tersebut dapat mempercantik tampilan smartphone, namun siapa sangka bahwa sinyal wifi akan terganggu efektivitasnya

5. Gunakan Custom Kernel

Apabila smartphone kamu memiliki custom kernel, maka kamu bisa memanfaatkannya. Hal itu dapat digunakan untuk dapat memaksimalkan penerimaan sinyal wifi yang ada di smartphone kamu. Hal itu bisa terjadi karena custom kernel memiliki banyak perbaikan serta memiliki tweak untuk meningkatkan sinyal wifi, sinyal ponsel.

Topik Menarik