Apakah Sikat Gigi Membatalkan Puasa? Simak Penjelasannya

Apakah Sikat Gigi Membatalkan Puasa? Simak Penjelasannya

Seleb | celebrities.id | Senin, 11 April 2022 - 16:12
share

JAKARTA, celebrities.id Sikat gigi merupakan aktivitas yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Namun, bagaimana jika sikat gigi dilakukan pada saat puasa?

Diketahui bahwa aktivitas sikat gigi ini dilakukan dengan memasukkan benda ke dalam mulut. Lalu, bagaimana hukumnya menyikat gigi saat sedang berpuasa, apakah membatalkan puasa? Simak penjelasannya.

Apakah Sikat Gigi Membatalkan Puasa?

Berkaitan dengan kegalauan hukum sikat gigi saat puasa itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis menjelaskan hukum sikat gigi saat puasa.

Pertama, menyikat gigi di siang hari sebelum zuhur saat Ramadhan tidak membatalkan puasa. Oleh karena itu, sikat gigi setelah adzan subuh boleh dilaksanakan dan tidak mempengaruhi niat puasa.

Kedua, menyikat gigi di siang hari setelah zuhur, hukumnya menjadi makruh, sehingga lebih baik dihindari sikat gigi selepas adzan zuhur.

Lalu, bagaimana orang yang bersiwak atau gosok gigi dengan pasta yang kemudian menyebabkan pasta atau ada air yang masuk melalui mulut?

Melansir dari NU Online, Imam Nawawi, dalam al-Majmu, syarah al-Muhadzdzab menjelaskan:

"Jika ada orang yang memakai siwak basah. Kemudian airnya pisah dari siwak yang ia gunakan, atau cabang-cabang (bulu-bulu) kayunya itu lepas kemudian tertelan, maka puasanya batal tanpa ada perbedaan pendapat ulama. Demikian dijelaskan oleh al-Faurani dan lainnya. (Abi Zakriya Muhyiddin bin Syaraf an-Nawawi, al-Majmu, Maktabah al-Irsyad, Jeddah, juz 6, halaman 343)

Dapat disimpulkan, orang yang berpuasa dengan gosok gigi menggunakan pasta, jika tidak ada air atau pasta yang masuk tenggorokan sama sekali, maka puasanya tidak batal. Namun apabila ada sedikit saja air atau pasta yang tertelan walaupun tanpa sengaja, maka puasanya batal.

Untuk itu, bagi orang yang berpuasa, berhati-hatilah ketika menggosok gigi. Hendaknya menggosok gigi dahulu sebelum waktu imsak tiba. Jika sudah siang, cukup gosok gigi dengan kayu siwak (arok) atau dengan sikat gigi tanpa menggunakan pasta.

Namun, jika ingin menutupnya dengan air, sambungkan gosok gigi yang seperti demikian beriringan dengan berkumur sebelum wudhu selama tiga kali sehingga aman.

Topik Menarik