Jemaah Haji Indonesia Bisa Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini, Berapa Biayanya?

Jemaah Haji Indonesia Bisa Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini, Berapa Biayanya?

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 9 April 2022 - 14:10
share

JAKARTA, celebrities.id - Jemaah Haji asal Indonesia tahun ini dipastikan berangkat ke Tanah Suci. Hal itu diputuskan setelah Kerajaan Arab Saudi mengumumkan penyelenggaraan Haji 1443 H memiliki kuota satu juta orang.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief menuturkan, setelah adanya keputusan itu, pihaknya akan langsung melakukan finalisasi beberapa aturan teknis.

"Ini kabar gembira. Kepastian adanya kuota ini akan segara kami tindaklanjuti dengan finalisasi sejumlah langkah taktis yang telah dilakukan," ucap Hilman Latief, Sabtu (9/4/2022).

Menurut Hilman Latief, waktu yang tersedia tidaklah banyak sehingga Kementerian Agama bekerja cepat merampungkan persiapan, termasuk yang terkait dengan teknis pemilihan jemaah berhak berangkat sesuai ketentuan Arab Saudi dan pembinaan manasik bagi mereka.

"Kita akan bergerak cepat untuk melakukan persiapan. Biaya haji juga akan segera kita finalisasi dengan Komisi VIII DPR," tuturnya.

Sebelumnya diberitaka, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan rasa syukur atas adanya kepastian keberangkatan jamaah haji Indonesia tahun ini.

"Syukur alhamdulillah, jamaah haji Indonesia bisa berangkat tahun ini. Ini kabar yang sangat ditunggu jamaah haji di Tanah Air," kata Yaqut Cholil.

Menurutnya, batalnya pemberangkatan jemaah haji Indonesia dalam dua tahun terakhir telah menyebabkan kerinduan mendalam jemaah Indonesia untuk ke Tanah Suci.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kerajaan Saudi yang memberi kesempatan tahun ini bagi jamaah Indonesia untuk memenuhi panggilan beribadah haji," ujarnya.

Topik Menarik