5 Tips agar HP Android Tidak Lemot, Mudah Dicoba!

5 Tips agar HP Android Tidak Lemot, Mudah Dicoba!

Seleb | celebrities.id | Kamis, 7 April 2022 - 16:47
share

JAKARTA, celebrities.id Tips agar HP Android tidak lemot ternyata bisa langsung kamu praktikan dengan cepat dan mudah. HP Android yang lemot pastinya akan mengganggu aktivitas kamu dalam komunikasi dan lainnya.

Saat ini sudah ada tips mudah dalam mengatasi HP Android supaya tidak lemot. Kamu bisa mencoba mempraktikan sendiri dirumah dengan mudah dan aman. Bagaimana caranya?

Berikut ini tips agar HP Android tidak lemot yang dirangkum celebrities.id dari berbagai sumber, Kamis (7/4/2022).

Tips agar HP Android Tidak Lemot

1. Lakukan Penghapusan Cache Secara Berkala

Cara paling mudah untuk mengatasi HP Android yang lemot adalah menghapus cache secara berkala. Cache merupakan sebuah file untuk menyimpan sebuah data dari suatu aplikasi. Ini menjadi salah satu faktor yang dapat membuat HP Android kamu lemot karena menyimpan cache yang tidak penting.

Caranya, kamu hanya perlu melihat pengaturan dan storage usage. Jika ditemukan data file dengan memori yang cukup besar, alangkah baiknya kamu menghapusnya dari HP. Cara ini dilakukan agar hp kamu tidak terbebani data yang membuat kinerja HP menjadi lemot.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Berguna

Salah satu faktor yang membuat HP Android lemot adalah terlalu banyak aplikasi. Kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak berguna di HP karena ini menjadi salah satu penyebab HP Android kamu menjadi lemot. Kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak berguna terutama yang memakan memori besar.

3. Kurangi Widget di HP

Terlalu banyak widget juga membuat HP Android kamu lemot. Memang memiliki widget di hp akan menambah penampilan menu ponsel menjadi bagus dan cantik. Namun, efek yang harus kamu terima HP menjadi lemot. Hal ini disebabkan karena widget memerlukan kapasitas ruang memori yang cukup besar dalam HP Android kamu.

4. Lakukan Update Software secara Berkala

HP Android terbaru sudah dibekali dengan update pembaharuan yang bisa dilakukan secara berkala. Hal ini dilakukan para pembuat HP untuk mencegah ponsel menjadi lemot. Dengan selalu memperbaharui sistem operasi Android, maka software akan aman dan program akan lebih sigap dalam membuat suatu aplikasi dalam handphone kamu.

Caranya mudah. Buka menu setting, lalu pergi about device, kemudian pilih software update, lalu sentuh menu check for update.

5. Lakukan Cara Reset ke Pengaturan Pabrik

Ini merupakan cara terakhir untuk mengembalikan kembali performa HP Android kamu dengan melakukan penyetelan ke pengaturan pabrik. Cara ini memang sudah terbukti ampuh untuk membuat HP kamu menjadi sehat dan tidak lemot. Namun, alangkah baiknya sebelum melakukan cara ini kamu mem-backup seluruh data-data penting yang terdapat dalam Android kamu.

Itulah beberapa tips agar HP Android tidak lemot. Selamat mencoba Celeb Hitz.

Topik Menarik