5 Resep Sahur dan Buka Puasa Menu Jengkol, Lezat dan Dapat Cegah Penyakit Maag

5 Resep Sahur dan Buka Puasa Menu Jengkol, Lezat dan Dapat Cegah Penyakit Maag

Seleb | celebrities.id | Rabu, 6 April 2022 - 19:20
share

JAKARTA, celebrities.id - Resep sahur dan buka puasa menu jengkol tentu banyak dicari selama bulan puasa.

Sekadar informasi, jengkol menjadi salah satu makanan primadona yang digemari oleh sebagian orang. Meski pun aromanya menyengat, namun rasanya sangat lah nikmat.

Makanan satu ini juga bisa Anda santap saat buka puasa dan sahur, lho. Selain itu, meski aromanya menyengat jengkol juga punya banyak manfaat untuk kesehatan seperti mencegah maag. Selain itu jengkol juga dapat mencegah osteoporosis, hingga dapat merampingkan perut.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (6/4/2022), berikut lima resep berbahan dasar jengkol yang bisa Anda santap saat sahur dan berbuka puasa.

Resep Sahur dan Buka Puasa Menu Jengkol

1. Jengkol Krispi Balado

Bahan-bahan:

1/2 kg jengkol tua
Garam, gula pasir, kaldu jamur
Bumbu balado diuleg halus
70 gr cabai merah kriting
50 gr cabai rawit merah
3 siung bawang putih kating

Cara membuatnya:

Pertama-tama rendam jengkol semalaman, buang air rendaman, bersihkan dari kulitnya. Setelah itu iris tipis jengkol, lalu cuci bersih sampai hilang getahnya.

Setelah dicuci bersih lalu tiriskan, kemudian lumuri jengkol dengan garam secukupnya. Diamkan saja beberapa menit agar garamnya meresap sampai ke dalamnya.

Lalu panaskan minyak, setelah panas goreng jengkol yang sudah diiris tipis dan digarami tadi. Aduk sesekali supaya tidak saling nempel. Setelah itu kecilkan api, goreng sampai teksturnya garing atau krispi.

Jika ingin hasilnya lebih kriuk, Anda bisa menggorengnya dua kali. Lalu bisa disimpan untuk waktu beberapa lama. Lalu tiriskan.

Sambil menunggu jengkolnya ditiriskan, sementara itu tumis bumbu balado sampai harum dan benar-benar matang. Kemudian bumbui garam, kaldu jamur dan sedikit gula.

Setelah tumisan bumbunya harum, diamkan dulu sampai dingin. Kemudian campurkan dengan jengkol krispi. Aduk-aduk sampai semuanya rata.

Penyimpanannya juga mudah, Anda taruh di dalam toples yang kedap udara. Jika ingin disajikan langsung bisa menggunakan piring cantik.

 

2. Jengkol Teri Cabe Ijo

Bahan-bahan:

15 buah / 300gram jengkol
150 gram ikan teri
3 buah kemiri
3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
14 buah cabai hijau keriting atau sesuai selera
6 lembar daun jeruk
200 ml air putih
sdt kaldu ayam
2 sdt gula pasir
2 sdm saus tiram
Minyak goreng

Cara membuatnya:

Rebus jengkol hingga matang dan lunak, kemudian dinginkan dan bisa dipotong-potong sesuai selera. Kemudian jengkolnya digoreng tapi jangan terlalu lama, supaya jengkolnya tidak menjadi keras. goreng jengkol hingga sedikit berubah warna saja.

Kemudian untuk ikan terinya, juga digoreng hingga kering atau sesuai selera. Sisihkan.

Sementara itu haluskan bawang merah, bawang putih kemiri dan cabai hijau keriting. Akan tetapi jangan terlalu halus, biarkan masih ada tekstur cabai agar terasa lebih nikmat.

Tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi, hingga matang dan tanak kemudian masukkan daun jeruk. Jika bumbu sudah matang bisa dimasukkan secukupnya air putih, aduk merata kemudian dimasukkan jengkolnya.

Masak lagi hingga kadar airnya berkurang. Apabila airnya sudah berkurang atau sudah kering, bisa dimasukkan ikan teri yang telah digoreng. Aduh merata dan masak saja sebentar. Lalu sajikan dengan nasi putih hangat, selamat mencoba.

3. Jengkol dan Ampela Pedas

Bahan-bahan:

20 ampela ayam
250gr jengkol tua

Bumbu ungkep ampela:

8 siung bawang putih
1/2 sdm lengkuas giling
1/2 sdm jahe giling
1/2 sdt kunyit giling
1 sdt ketumbar bubuk
Daun salam, daun jeruk dan sereh
Garam

Bumbu balado:

1.5 ons cabak rawit merah
20 siung bawang merah iris (atau banyaknya sesuai selera).
1 buah tomat merah
Garam dan gula pasir

Caranya membuatnya:

Rendam jengkol semalam, potong menjadi empat bagian, rebus dengan air dan ditambah satu sendok makan bubuk kopi. Setelah mendidih cuci bersih, lalu rebus kembali dengan air, daun salam, daun jeruk lalu rebus sampai jengkol empuk agar baunya tidak terlalu menyengat.

Kemudian goreng jengkol dalam minyak panas, tiriskan. Baluri jengkol yang sudah digoreng dengan garam. Sisihkan.

Potong ampela jadi dua bagian atau sesuai selera besarannya. Ungkep menggunakan bumbu, daun-daunan dan air matang. Setelah empuk tiriskan, lalu goreng dalam minyak panas, sisihkan.

Sementara untuk bumbu balado, ulek kasar cabai dan tomat, lalu tumis dalam minyak panas. Tambahkan irisan bawang merah dan daun jeruk, tumis sampai cabai matang dengan api kecil. Bumbui sedikit garam dan gula pasir lalu campurkan dengan ampela dan jengkol goreng.

 

4. Jengkol Sambal Hijau

Bahan utama :

500gr jengkol
1 ons Teri belah besar

Bumbu-bumbu:

10 siung bawang merah
2 ons cabai hijau
10 buah cabai rawit hijau
2 sdm asam jawa
3 lembar daun jeruk.

Rempah untuk merebus jengkol:

3 batang serai
5 lembar daun salam

Cara Memasak:

Rebus jengkol lebih dulu sebelum dimasak. Lalu Masukkan semua rempah-rempah, beri garam kuranh lebih 3 sendok makan. Rebus hingga empuk.

Buang air bekas rebusan jengkol, rendam dengan air yang baru. lalu goreng jengkol dan ikan teri setengah matang saja.

Rebus cabai hijau dan bawang, lalu ulek atau blender sesuai selera.

Tumis cabai hijau dan daun jeruk di minyak panas, beri gula, garam, penyedap sesuai selera.
Lalu masukkan,air asam jawa,aduk.

Terakhir masukkan jengkol dan ikan teri, aduk-aduk hingga rata dan meresa. Cek rasa, dan angkat.

5. Balado Cumi Asin dan Jengkol

Bahan-bahan:

250 gr cumi asin
250 gr jengkol muda
Jeruk nipis
Daun jeruk

Bumbu balado:

1,5 ons cabai merah kriting
20 cabai rawit merah
10 siung bawang merah iris
1 tomat merah potong dadu
Garam

Cara membuatnya:

Cuci bersih cumi asin, buang semua kotoran dan plastik didalam cumi, potong sesuai selera, lalu rebus cumi dengan tambahan perasan air jeruk nipis sekitar 10 menit, buang air rebusan. Cuci bersih cumi lalu rebus kembali sekitar 10menit sampe cumi empuk.

Goreng jengkol muda dalam minyak panas dan wajan ditutup dengan api sedang, maka otomatis kulit dari jengkolnya akan terkelupas sendiri. Goreng sampai jengkol matang, lalu taruh jengkol goreng dalam mangkuk, taburkan garam, aduk sampai rata menggunakan sendok.

Tumis bawang merah iris sampai harum, masukkan potongan tomat dan daun jeruk, setelah tomat layu masukkan cumi dan duo cabai yang sudah diulek kasar. Masak dengan api kecil sampai tanak (keluar minyak), lalu campurkan dengan jengkol goreng. Terakhir bumbui dengan sedikit gula pasir. Selamat mencoba.

Topik Menarik