7 Tanaman yang Disebut dalam Alquran dan Manfaatnya Bagi Tubuh

7 Tanaman yang Disebut dalam Alquran dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Seleb | celebrities.id | Selasa, 5 April 2022 - 14:35
share

JAKARTA, celebrities.id Beberapa tanaman ini masuk dalam golongan istimewa karena disebut dalam Alquran. Tanaman-tanaman yang disebut dalam Alquran ini bagus dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Apa saja tanaman yang disebut dalam Al Quran? Berikut 7 tanaman yang disebut dalam Al-Quran.

Tanaman yang Disebut dalam Alquran

1. Anggur

Buah anggur disebutkan beberapa kali dalam Alquran. Sebagaimana dalam surat An-Nahl ayat 11 sebagai berikut.

Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir, (Q.S An-Nahl ayat 11).

Buah anggur memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah anggur mampu membantu mengatasi gangguan ginjal. Ekstrak buah anggur juga mengandung polifenol yang mempunyai sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi.

2. Buah Tin

Buah tin tergolong istimewa. Selain disebut dalam Alquran buah ini juga menjadi nama surat, yakni surat At-Tin ayat pertama.

Demi (buah) tin dan (buah) zaitun, surat At-Tin ayat 1.

Buah Tin memiliki banyak manfaat juga untuk tubuh apabila dikonsumsi. Kandungan antioksidan pada buat tin sangat tinggi. Selain itu, ekstrak buah tin juga dapat menjadi obat bagi para penderita diabetes.

3. Zaitun

Buah zaitun juga termasuk buah yang disebut dalam Alquran. Buah zaitun disebutkan beberapa kali dalam Alquran yakni dalam surat An-Nur, Al-Anam, An-Nahl, Al-Muminun, dan Abasa.

Sebagaimana firman Allah SWT sebagai berikut.

Yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api, (Q.S An-Nur ayat 35).

Buah zaitun merupakan buah yang diberkahi. Selain itu, buah zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah zaitun kaya kandungan antioksidan. Minyak zaitun juga dan mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

4. Kurma (h3)

Buah kurma disebutkan beberapa kali dalam Alquran seperti dalam surat Al-Anam ayat 99, Ar-Rad ayat 4, An-Nahl ayat 67, dan Maryam ayat 25.

Dan dari buah kurma dan anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti, (Q.S An-Nahl ayat 67)

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa buah kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan zat besi dalam buah kurma dapat mencegah anemia. Buah kurma juga mengandung folat, vitamin B, vitamin K, mangan, dan beragam jenis antioksidan, termasuk lutein dan flavonoid.

5. Delima

Buah delima merupakan buah yang istimewa yang tercatat dalam Al-Quran. Buah delima disebutkan tiga kali dalam Al-Qur\'an yakni dalam surat Al-An\'am ayat 99 dan 141 dan surat Ar-Rahman ayat 68.

"Dialah yang menjadikan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya apabila ia berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan," (Q.S Al-An\'am ayat 99).

Buah delima mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak dibandingkan anggur dan teh hijau. Antioksidan ini berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas seperti paparan sinar matahari dan racun berbahaya di lingkungan, termasuk polusi udara.

6. Pisang

Pohon pisang disebutkan dalam Alquran di surat Al-Waqiah ayat 29.

Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), (Q.S Al-Waqiah ayat 29.)

Pisang termasuk buah yang mengandung banyak nutrisi, mulai dari air, gula, vitamin, protein, lemak hingga mineral yang baik untuk kesehatan serta mengobati atau mencegah berbagai macam penyakit.

7. Labu

Labu disebutkan dalam Alquran surat As-Shaffat ayat 146.

Dan Kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu, (Q.S As-Shaffat ayat 146)

Buah labu mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, folat, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, dan selenium yang bermanfaat bagi tubuh. Buah ini juga mampu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Topik Menarik