3 Amalan Utama Ramadan, Ustadz Adi Hidayat Sebut Baca Quran hingga Sedekah

3 Amalan Utama Ramadan, Ustadz Adi Hidayat Sebut Baca Quran hingga Sedekah

Seleb | celebrities.id | Minggu, 3 April 2022 - 23:36
share

JAKARTA, celebrities.id Ada tiga hal untuk menjawab kesiapan seseorang dalam menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Apa itu?

Ustadz Adi Hidayat dalam tausiahnya menyebutkan tiga makna puasa tanpa adanya sia-sia. Hal itu karena seseorang telah siap menanggung keseriusan dalam menjalani ibadah khusyuk kepada Allah SWT.

Apa semua orang yang puasa bisa dapat empat kemuliaan, digabung jadi takwa. Apa semua orang yang puasa itu bertaqwa? ucap Ustadz Adi Hidayat, mengutip YouTube Channel Ustadz Adi Hidayat Official, Senin (4/4/2022).

Dijawab Allah langsung di surah Al Baqarah ayat 183, harapan tidak mungkin bisa dicapai tanpa keseriusan, kata pendakwah yang kuni menjajaki usia 37 tahun tersebut.

Tiga amalan utama. Pertama, adanya sebelum Ramadhan tingkatkan salat atau pun disebut rawatib, ujar Ustadz Adi Hidayat.

Selanjutnya, adab dengan sering sedekah atau memberikan sebagian rezeki serta mendekatkan diri dengan kitab suci Alquran, mengingat pedoman hidup seorang muslim hanyalah Alquran serta hadits shahih.

Kedua, banyak interaksi dengan Alquran. Targetkan, mau khatam atau bahkan hafalkan dan mengkaji (tilawah) selama berapa waktu, tutur Ustadz Adi Hidayat.

Terlebih, Ustadz kelahiran Pandeglang, Banten tersebut telah menjelaskan adanya hal terakhir. Tidak sulit dan sangat amat mudah, kemungkinan akan menuai kebaikan di bulan Ramadhan dengan keridoaan Allah SWT.

Selanjutnya adalah dermawan, infaq sudah disiapkan. Karena dengan memberi makanan untuk bukaan puasa orang sebiji kurma dan air sehirup, kata Ustadz Adi Hidayat.

Karena ada hadits Tirmidzi menyebut pahalanya berkali lipat dari orang puasa itu tanpa dikurangi sedikitpun, tuturnya.

Topik Menarik