India Longgarkan Aturan Prokes, Penggunaan Masker hanya Sukarela

India Longgarkan Aturan Prokes, Penggunaan Masker hanya Sukarela

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 1 April 2022 - 13:27
share

INDIA, celebrities.id - Perkembangan Covid-19 di sejumlah negara mengalami perbaikan dan otoritas setempat mulai melonggarkan aturan terkait Covid-19. Maharashtra dan Bengal, dua negara bagian di India, mengubah status penggunaan masker menjadi sukarela.

Hal tersebut berdasarkan keputusan pada rapat kabinet yang dipimpin oleh Menteri Kesehatan Maharashtra. Jika segala peraturan tentang Covid-19 akan dicabut.

"Dari Gudhi Padwa (tahun baru Marathi pada 2 April) semua pembatasan terkait covid-19 berdasarkan undang-undang penyakit epidemi dan undang-undang penanggulangan bencana akan dicabut," ujar Rajesh Tope dilansir Timesofindia, Jumat (1/4/2022)

Sehubungan dengan keputusan tersebut, pemerintah Bengal menekankan penggunaan masker dan pemeliharaan kebersihan saat mengeluarkan pemberitahuan tersebut. Oleh karena itu pemberitahuan di atas ditarik.

Namun, imbauan sehubungan dengan protokol kesehatan dan kebersihan termasuk pemakaian masker setiap saat, kebersihan tangan dan sanitasi tempat umum terus dilakukan secara ketat diobservasi sampai ada perintah lebih lanjut," katanya.

Sebelumnya, Punjab dan Uttar Pradesh juga mencabut semua, pembatasan Covid-19 di negara bagian. Lalu mendesak semua penduduk untuk terus mengikuti perilaku sesuai Covid-19.

Sekadar informasi, negara lain yang baru saja melepas status pandemi yaitu Malaysia mulai malam hari ini. Melansir dari Malaymail, bila tempat usaha akan diizinkan untuk buka sesuai dengan jam operasional yang tercantum dalam izin operasi tempat mereka. Juga tidak ada lagi aturan physical distancing ketika shalat berjamaah di masjid dan surau serta upacara keagamaan di rumah ibadah.

Namun, masyarakat Malaysia tetap menggunakan masker di tempat umum dan check in menggunakan aplikasi MySejahtera, kecuali di tempat terbuka yang tidak ramai dan tidak ada tempat berkumpul.

Topik Menarik