Doa Diberi Kemudahan Rezeki dan Urusan, Bersumber dari Alquran dan Hadits

Doa Diberi Kemudahan Rezeki dan Urusan, Bersumber dari Alquran dan Hadits

Seleb | celebrities.id | Minggu, 27 Maret 2022 - 19:17
share

JAKARTA, celebrities.id - Doa diberi kemudahan rezeki dan urusan yang shahih bisa diambil dari Alquran maupun hadits.

Berdoa agar dimudahkan rezeki dan segala urusan menjadi salah satu kebiasaan umat muslim sebelum memulai aktivitas tertentu dalam kehidupannya. Pasalnya bagi umat Islam sesungguhnya Allah SWT lah yang memiliki kuasa atas segalanya.

Sejatinya segala rezeki telah diatur oleh Allah SWT ke setiap masing-masing hamba-Nya. Selain berusaha untuk menemukan jalan keluarnya, alangkah lebih baik jika juga berdoa kepada Allah SWT. Maka dilansir dari berbagai sumber berikut doa diberi kemudahan rezeki dan urusan, Minggu (27/3/2022).

1. Doa dimudahkan Rezeki untuk Memulai Aktivitas

Diriwayatkan dari Abu Hurairah di dalam hadits Abu Dawud, setiap paginya Rasulullah SAW senantiasa membaca sebuah doa sebelum memulai aktivitasnya. Bacaan doa yang sering dipanjatkan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

Allhumma bika ashbahn, wa bika amsain, wa bika nahy, wa bika namtu, wa ilaikan nusyru.

Artinya: "Ya Allah, denganMu aku berpagi hari, denganMu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, denganMu kami mati. Hanya kepadaMu (kami) kembali," (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

2. Doa Rezeki Berkah untuk Keluarga

Setiap orang pastinya ingin rezeki yang dia dapatkan tak hanya berkah untuk dirinya sendiri melainkan juga keluarga mereka. Maka agar dituntun kepada rezeki yang berkah oleh Allah SWT, bacalah doa ini sebagai berikut:

Alloohumma ashlihli lii diinii wa wassilii daarii wa baarik lii fii rizqii.

Artinya: Ya Allah perbaikilah agamaku (yang menjadi pokok urusanku) lapangkanlah tempat tinggalku, dan berikanlah keberkahan pada rezekiku.

3. Doa Dimudahkan Segala Urusan dan Mohon Pertolongan

Masalah bisa hadir kapan saja pada diri setiap orang. Bagi seorang muslim berdoa menjadi salah satu cara memohon pertolongan kepada Allah untuk dipermudahkan segala urusan dan menyelesaikan masalah tersebut. Berikut doa dipermudahkan segala urusan dan mohon pertolongan:

Ya hayyu ya qayyumu birahmatika astaghitsu, ashlih li sya\'ni kullahu wala takilni ila nafsi tharfata \'ainin abadan.

Artinya: "Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmatMu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dariMu selamanya." (HR Tirmidzi).

4. Doa Memohon Kelancaran Urusan Dunia dan Akhirat

Sejatinya manusia hidup didunia hanyalah sementara, karena semuanya akan kembali kepada Sang Maha Pencipta. Sehingga untuk mempelancar segala urusan dunia maupun akhirat ada baiknya sebagai muslim memanjatkan doa kepada Allah SWT. Berikut doanya:

Alloohumma yaa ghoniyyu yaa mughnii aghninii ginan abadan wa yaa aziizu yaa muizzu aizzani bi-izaazin izzatia qudrotika, wa yaa muyassirol umuuri yassir lii umuurod dun-yaa waddiini yaa khoiro man yurjaa yaa allooh.

Artinya: Ya Allah, Dzat Yang Maha Kaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku. Wahai Dzat Yang Maha Mulia dan yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling diharapkan, ya Allah.

Topik Menarik