Begini Cara Komunitas Sepeda Tua Indonesia Tetap Eksis, Kenalkan Ontel ke Generasi Muda

Begini Cara Komunitas Sepeda Tua Indonesia Tetap Eksis, Kenalkan Ontel ke Generasi Muda

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 26 Maret 2022 - 20:31
share

JAKARTA, celebrities.id - Founder Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), Teddy Nugraha mengatakan, ada banyak cara untuk memperkenalkan sepeda tua atau sepeda ontel kepada anak-anak muda generasi sekarang.

Cara yang digunakan adalah merangkai kegemaran anak muda terhadap sepeda serta memperkenalkannya secara perlahan bahwa sepeda ontel ada kaitannya dengan perjalanan sejarah Indonesia.

Di mana keberadaan sepeda itu, salah satunya dimulai dengan datangnya bangsa lain ke Nusantara.

"Karena kalau hanya kita kasih imbauan, sayangi, lindungi udara segala macem, dll di pelajaran sekolah udah dapet mereka. Jadi bagaimana mereka tertarik," ujarnya dalam podcast dalam channel YouTube Partai Perindo bertajuk Romantisme Gowes Sepeda Tua di Era Metaverse, Sabtu (26/03/22).

Kemudian cara berikutnya yaitu, pihak komunitas berkolaborasi dengan beberapa pembuat sepeda. Lalu nantinya sepeda-sepeda baru ini akan diberikan untuk mereka yang memiliki hobi bersepeda, namun belum mampu memilikinya.

Mengapa sepeda baru, bukankah tujuannya adalah memperkenalkan sepeda ontel? Teddy bilang, lewat sepeda baru mereka bisa belajar lebih dulu. Hal ini karena, menaiki sepeda ontel memiliki kesulitan sendiri dan keseimbangannya pun berbeda.

"Kalau kita lihat iklan jaman dulu, naik sepeda ontel harus dimiringkan dulu. Kalau sepeda baru itu tetap di tengah," ujarnya.

Teddy melanjutkan, namun hal ini bukan berarti, keberadaan sepeda baru ada atau kekinian tidak diapresiasi.

"Untuk di Jakarta sendiri sekarang mulai banyak sepeda baru, ya. Tapi itu pun kami apresiasi sekali, kenapa? karena dia sudah mulai peduli dengan lingkungan," katanya.

Topik Menarik