8 Amalan Ibadah Jelang Bulan Ramadhan yang Bisa Kamu Lakukan

8 Amalan Ibadah Jelang Bulan Ramadhan yang Bisa Kamu Lakukan

Seleb | celebrities.id | Selasa, 22 Maret 2022 - 15:26
share

JAKARTA, celebrities.id Tak lama lagi, umat Islam di seluruh penjuru dunia akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa yang penuh kemuliaan dan keberkahan. Umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh, menahan lapar, haus, dan hawa nafsu.

Dalam menyambut bulan Ramadhan, ada sejumlah amalan yang bisa kamu lakukan. Mulai dari puasa, bermaaf-maafan, bertobat, hingga memperbanyak doa menjelang bulan Ramadhan. Berikut beberapa amalan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Amalan Ibadah Bulan Ramadhan

1.Membayar Utang Puasa

Bagi umat Islam yang memiliki utang puasa maka wajib untuk melunasi utang puasa sebelum berakhirnya Syaban. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 184.

"(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

2. Perbanyak Puasa Sunah di Bulan Syaban

Amalan ibadah yang bisa dilakukan menjelang bulan suci Ramadhan adalah berpuasa selama bulan Syaban. Sebulan sebelum Ramadhan, Rasulullah SAW banyak melakukan puasa di waktu ini. Namun, biasanya satu atau dua hari menjelang masuknya bulan Ramadhan, umat Muslim dilarang menunaikan puasa sunah, kecuali bagi mereka yang sudah membiasakannya. Larangan ini juga disebutkan dalam hadis Rasul sebagai berikut.

Jangan kamu dahului Ramadan dengan puasa sehari atau dua hari, kecuali bagi seseorang yang memuaskan puasa tertentu, maka ia boleh meneruskan puasanya. (Hadits Shahih, riwayat Bukhari: 1781 dan Muslim: 1812. teks hadits riwayat al-Bukhari).

3. Perbanyak Membaca Al-Quran

Amalan yang bisa dilakukan menjelang bulan Ramadhan adalah memperbanyak dan belajar membaca Al-Quran.

4. Memperbanyak Doa

Menjelang bulan Ramadhan, perbanyak doa kepada Allah SWT agar dipertemukan pada bulan Ramadhan berikutnya dan juga agar puasanya diterima oleh Allah SWT. Berdoa merupakan salah satu bentuk pengharapan seorang hamba agar dapat berjumpa dengan bulan penuh keberkahan ini.

5. Bertobat

Amalan lain menjelang bulan Ramadhan adalah bertobat, memohon ampun kepada Allah SWT agar bisa menjalani ibadah secara maksimal di bulan suci Ramadhan. Persiapkan diri dan hati yang tulus ikhlas dalam menyambut bulan Ramadan.

6.Bekali Diri dengan Ilmu tentang Puasa Ramadhan

Amalan menjelang bulan Ramadan yang bisa kamu lakukan adalah membekali diri dengan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan puasa Ramadhan. Selain itu, umat Muslim juga dapat mempelajari keutamaan-keutamaan di bulan Ramadhan, amalan di bulan Ramadhan, tata cara, ibadah selama bulan Ramadhan, dan berbagai aturan syariat yang berkaitan dengan puasa.

7. Mempersiapkan Niat

Menjelang bulan Ramadhan, persiapkan niat dalam hati dengan tulus ikhlas dengan harapan akan diberi keberkahan dan limpahan ampunan Allah selama bulan suci Ramadhan.

8. Saling Memaafkan

Dalam menyambut bulan Ramadhan, hendaknya umat Muslim saling memaafkan dari segala pikiran buruk, dendam, dan masalah hati lainnya.
Itulah amalan-amalan yang bisa dilakukan umat Islam menjelang Ramadhan. Tentunya sebagai umat Islam harus menyambut bulan suci ini dengan penuh suka cita karena telah dipertemukan kembali pada bulan suci Ramadhan.

Topik Menarik