Biodata dan Prestasi Hendra Setiawan, Pebulu Tangkis Panutan Penuh Prestasi

Biodata dan Prestasi Hendra Setiawan, Pebulu Tangkis Panutan Penuh Prestasi

Seleb | celebrities.id | Senin, 21 Maret 2022 - 09:44
share

JAKARTA, celebrities.id Biodata dan prestasi Hendra Setiawan banyak dicari oleh para penggemar badminton. Gemilang di lapangan, pesonanya saat bertanding di hadapan suporter tak luntur dimakan usia.

Saat ini warga Indonesia ramai memperbincangkan atlet badminton, Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan atas prestasi yang telah mereka raih di perhelatan All England 2022.

Hendra Setiawan adalah salah satu pemain bulu tangkis Indonesia, yang mengawali kariernya di dunia badminton bersama Alm. Markis Kido.

Hendra Setiawan bersama Alm. Markis Kido mencetak banyak prestasi di ajang olahraga sehingga dia pernah menduduki peringkat ke-2 di IBF (International Badminton Federation) untuk ganda putra.

Hingga saat ini, Hendra Setiawan dengan Mohammad Ahsan telah mengukir rekor fantastis dalam dunia bulu tangkis.

Berikut biodata dan prestasi Hendra Setiawan yang telah kami rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/3/2022).

Biodata Hendra Setiawan

Nama : Hendra Setiawan
Tempat Lahir : Pemalang, Jawa Tengah
Tanggal Lahir : 25 Agustus 1984
Kebangsaan : Indonesia
Agama : Kristen
Orang Tua : Ferry Yugianto (Ayah), Kartika Christyaningrum (Ibu)
Pasangan : Sabdiani Arief
Anak : Richele Setiawan, Richard Setiawan, dan Russel Howard Setiawan

Pekerjaan : Atlet Badminton

Prestasi Hendra Setiawan

1. Asian Junior Championships

Hendra Setiawan telah mengikuti perlombaan badminton sejak tahun 2001, dan dia berhasil memenangkan medali perunggu pada 2001- 2002 di ajang perhelatan Asian Junior Championship.

Tak hanya itu, Hendra Setiawan juga sempat juga memenangkan medali emas untuk kategori beregu putra pada ajang Asian Junior Championships 2002, yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

2. Word Junior Championships

Selain mengikuti acara perlombaan olahraga Asian Junior Championships. Hendra Setiawan diketahui juga mengikuti acara perlombaan Word Junior Championships pada masa-masa awal kariernya, dan berhasil memenangkan medali perunggu untuk kategori beregu campuran pada 2002.

3. SEA Games

Hendra Setiawan pertama kali mengikuti ajang perlombaan SEA Games pada tahun 2003 di Vietnam, dan dia berhasil mendapatkan medali emas untuk kategori beregu putra bersama Alm. Markis Kido.

Pada 2005, 2007, 2009, dan 2011 Hendra Setiawan lagi-lagi mendapatkan medali emas SEA Game beregu putra bersama Alm. Markis Kido.

Pada 2014, Hendra Setiawan kembali membawa medali emas kedua di perhelatan Sea Games dengan Mohammad Ahsan.

4. Olimpiade Beijing

Tak hanya di perhelatan SEA Games, Hendra Setiawan juga mampu meraih medali emas di Olimpiade Beijing untuk cabang bulu tangkis ganda putra. Dia berhasil mengalahkan pasangan RRC Cai Yun dan Fun Haifeng melalui tiga set pertarungan dengan skor 12-21, 21-11, 21-16.

5. BWF World Championships

Semakin hari semakin berkembang, buktinya Hendra Setiawan memenangkan banyak prestasi di kancah kejuaraan dunia badminton, yakni pada 2007, Hendra Setiawan memenangkan medali emas untuk kategori ganda putra.

Pada 2010, Hendra Setiawan diketahui telah memenangkan medali perunggu untuk kategori gada putra di BWF Word Champinship yang diselenggarakan di Paris.

Pada 2013, kejuaraan dunia BWF menyelenggarakan perlombaan di Guangzhou, dan Hendar Setiawan dapat memenangkan medali emas untuk Ganda Putra bersama Mohammad Ahsan.
Begitu juga untuk tahun-tahun selanjutanya, yaitu tahun 2015 dan 2019 dalam perhelatan BWF World Championships, Hendra Setiawan meraih medali emas untuk kategori ganda putra.

6. Piala Sudirman (Sudirman Cup)

Pada 2007, Hendra Setiawan juga mengikuti perlombaan piala Sudirman, dan berakhir dengan mendapatkan medali perunggu untuk kategori Beregu Campuran.

Tak hanya itu saja, pada 2009, 2015, dan 2019, Hendra Setiawan juga memengakan medali perunggu untuk beregu campuran.

7. Piala Thomas

Pada 2006, 2008, 2014, dan 2018 Hendra Setiawan dengan apik mendapatkan medali perunggu untuk beregu putra dalam acara perhelatan Piala Thomas.

Tak hanya berhasil mendapatkan medali perunggu, pada 2010 dan 2016 Hendra Setiawan dapat menaklukan lawan mainnya dan dia akhirnya dapat medali perak.

Atas usaha dan kerja kerja keras Hendra Setiawan di dunia badminton, dia berhasil mendapatkan medali emas untuk kategori beregu putra di Aarhus pada perhelatan Piala Thomas 2020.

8. Asian Games

Hendra Setiawan juga selalu meraih medali perunggu hingga emas pada perhelatan Asian Games.

Tercatat Hendra Setiawan memenangkan medali perunggu pada tahun 2006 untuk ganda putra dan beregu putra. Pada tahun 2010 lagi-lagi Hendra Setiawan meraih medali perunggu dalam perhelatan Asian Games yang di selenggarakan di Guangzhou, Cina.

Masih pada tahun yang sama dan di ajang yang sama yakni Asian Games 2010 Hendra Setiawan juga mendapatkan medali emas untuk kategori ganda putra, dan pada 2014, di Incheon Hendra Setiawan mendapatkan medali emas untuk kategori ganda putra.

Nah, itu dia Biodata dan beberapa prestasi yang telah diraih oleh atlet badminton, Hendra Setiawan. Masih banyak lagi prestasi yang telah dia dapatkan sepanjang kariernya dan Hendra masih mencetak prestasi-prestasi barunya pada ajang olahraga lainnya di masa mendatang.

Topik Menarik