5 Manfaat Jalan Kaki Pagi, Memperbaiki Mood hingga Turunkan Berat Badan

5 Manfaat Jalan Kaki Pagi, Memperbaiki Mood hingga Turunkan Berat Badan

Seleb | celebrities.id | Minggu, 20 Maret 2022 - 02:20
share

JAKARTA, celebrities.id - Jalan kaki ternyata memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Jalan kaki bisa memberi energi baru dan menyeimbangkan berat badan. Selain itu, jalan juga kaki bisa membakar kalori.

Jalan kaki adalah olahraga yang tidak memakan banyak biaya. Jalan kaki bisa dilakukan selama berangkat ke kantor ataupun pulang. Melansir dari Stylecraze, Sabtu (19/3/2022), berikut 5 manfaat jalan kaki pagi hari:

1. Memberikan energi

Manfaat jalan pagi dapat berupa energi yang bisa Anda gunakan, untuk melewati hari tersebut. Orang dewasa yang melakukan aktivitas jalan pagi selama 20 menit di luar rumah, mendapatkan energi lebih, dibandingkan orang yang hanya berjalan selama 20 menit di dalam ruangan.

2. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah

Tak hanya menjaga kesehatan jantung, jalan kaki juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kestabilan tekanan darah. Hal ini tentunya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

3. Memperbaiki mood

Manfaat jalan pagi juga berkontribusi terhadap kondisi psikologis Anda. Jalan pagi dapat meningkatkan harga diri atau self-esteem, memperbaiki suasana hati, serta mengurangi stres dan rasa cemas.

Tak hanya itu, manfaat jalan pagi lainnya adalah mengikis gejala depresi, serta meurunkan risiko Anda untuk terkena kondisi depresi.

4. Menyehatkan organ jantung

Berjalan kaki dengan santai merupakan pilihan baik bagi orang yang memiliki masalah jantung. Berjalan 30 menit di pagi hari dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

 

Jika jalan kaki dilakukan secara teratur, maka akan memperkuat jantung dan mengontrol tekanan darah.

5. Menurunkan berat badan

Melakukan jalan pagi selama 30 menit, secara tak langsung membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Sebab, jalan pagi dengan durasi tersebut, dapat membakar hingga 150 kalori.

Namun harus diingat, penting bagi Anda untuk mengombinasikannya dengan diet sehat, serta melakukan aktivitas fisik lainnya, demi mencapai bobot yang diinginkan.

Selain itu, masih ada beragam manfaat jalan kaki lainnya, seperti meredakan nyeri sendi, meningkatkan energi, serta menguatkan otot. Oleh karena itu, jangan malas untuk berjalan kaki agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

Topik Menarik