5 Ibadah yang Dianjurkan pada Malam Nisfu Syaban, Perbanyak Salat Sunah hingga Zikir

5 Ibadah yang Dianjurkan pada Malam Nisfu Syaban, Perbanyak Salat Sunah hingga Zikir

Seleb | celebrities.id | Kamis, 17 Maret 2022 - 19:34
share

JAKARTA, celebrities.id - Malam Nifsu Syaban 2022 jatuh di tanggal 15 Syaban atau pada Jumat 18 Maret 2022. Pada malam tersebut umat Islam akan berbondong-bondong melakukan berbagai ibadah karena keistimewaannya.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (17/3/2022), berikut ibadah yang dapat dilakukan pada malam Nisfu Syaban.

Ibadah Malam Nisfu Syaban 2022

1. Berpuasa Syaban

Nifsu Syaban jatuh pada pertengahan bulan Syaban atau pada tahun ini bertepatan dengan tanggal 18 Maret 2022. Puasa Nisfu Syaban biasa dikenal dengan puasa Ayyamul Bidh atau puasa yang biasa dikerjakan pada tanggal 13,14 dan 15 setiap bulannya kecuali bulan Ramadhan.

Nabi Muhammad Saw berpesan kepada umatnya agar tidak melewatkan puasa pada bulan Syaban. Imam Bukhari meriwayatkan, Nabi Muhammad Saw bersabda :

"Syaban itu bulan antara Rajab dan Ramadan. Bulan ini banyak diabaikan oleh umat manusia, padahal dalam bulan ini (Syaban) amal-amal hamba itu diangkat (diterima oleh Allah). Aku ingin amalku diterima oleh Allah di bulan Syaban dalam keadaan aku berpuasa."

Niat Puasa Syaban:

.

nawaitu shauma ghadin \'an syahri sya\'ban sunnatan lillaahi ta\'ala.
Artinya : Saya niat berpuasa besok dari bulan Syaban sunnah karena Allah Ta\'ala.

2. Salat Sunnah pada Malam Syaban

Salat sunnah pada malam Syaban merupakan amalan yang tidak boleh ditinggalkan pada malam Syaban. Nabi Muhammad Saw bersabda:

Salat adalah sebaik-baik syariat, siapa yang ingin memperbanyak maka perbanyaklah, dan siapa yang ingin melakukan sedikit maka lakukanlah (Al-Hafidz Ibnu Hajar mengatakan bahwa hadis ini dinilai sahih oleh Ibnu Hibban. Fath Al-Bari 2/479).

Niat salat malam nifsu syaban

Usholli sunnatan nisfu sya\'baana rak\'ataini lillahi ta\'ala
Artinya: Saya berniat salat sunah nisfu Syaban dua rakaat karena Allah Ta\'ala"

3. Membaca Alquran

Memperbanyak membaca ayat suci Al-Quran juga salah satu ibadah yang dapat dilakukan kaum muslim pada saat malam Nisfu Syaban. Umat Islam dianjurkan membaca surat Yasin pada malam tersebut.

Surat Yasin dibaca sebanyak tiga kali setelah salat Magrib. Bacaan Yasin yang pertama bertujuan untuk meminta panjang umur, kemudian bacaan Yasin yang kedua diniatkan untuk dijauhkan dari segala bahaya dan diberikan rezeki yang melimpah. Bacaan Yasin yang terakhir bertujuan agar kehidupannya dapat mandiri dan diberikan husnul khatimah.

4. Memperbanyak Zikir

Amalan yang dapat dilakukan umat Islam di malam Nisfu Syaban lainnya adalah memperbanyak zikir. Zikir pada malam Nisfu Syaban akan mendatangkan pahala yang berlimpah.

Salah satu bentuk zikir pada malam Nifsu Syaban adalah membaca kalimat tahlil:

Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minadzdzoolimiin
Artinya: "Tiada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim

5. Memperbanyak Doa dan Memohon Ampun

Selain melaksanakan salat sunnah dan puasa, memperbanyak doa ketika malam Nifsu Syaban juga sangat dianjurkan. Hal itu didasarkan pada hadits riwayat Abu Bakar, Nabi Muhammad saw bersabda:

Artinya: (Rahmat) Allah swt turun ke bumi pada malam Nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan). (HR al-Baihaqi).

Selain berdoa, umat Islam juga dianjurkan untuk memohon ampun kepada Allah SWT. Hal itu karena pada malam Nisfu Syaban Allah mengampuni seluruh dosa makhluk-Nya kecuali dosa menyekutukan

Topik Menarik