Ridwan Kamil Serahkan Tanah dan Air Keramat pada Jokowi, Dukung Pembangunan IKN

Ridwan Kamil Serahkan Tanah dan Air Keramat pada Jokowi, Dukung Pembangunan IKN

Seleb | celebrities.id | Senin, 14 Maret 2022 - 09:40
share

BANDUNG, celebrities.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menghadiri kegiatan bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan seluruh Gubernur se-Indonesia di lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (14/3/2022).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di titik nol IKN di Kabupaten Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur itu, Ridwan Kamil akan menyerahkan tanah dan air keramat yang telah dia himpun dari 27 kabupaten/kota se-Jabar sebagai simbol dukungan Jabar untuk pembangunan IKN dan Indonesia.

Dalam keterangan resminya yang diterima, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, penyerahan tanah dan air keramat merupakan agenda utama yang akan dijalaninya dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi.

"Alhamdulillah dalam waktu singkat 27 kota/kabupaten yang ada di Jawa barat dengan gerak cepat dan dengan semangat yang sangat baik sudah berhasil mengirimkan air dan tanah. Tentu dipilih menurut kearifan lokal," ungkap Kang Emil.

Kang Emil pun mengapresiasi langkah cepat para tokoh di kabupaten/kota yang berhasil mengumpulkan tanah dan air dalam waktu singkat. Sebab, tanah dan air yang dibawa ini bukan sembarangan dan mengandung sejarah dan kaya makna.

"Sumbernya bermacam-macam. Ada yang dari air Masjid Agung, ada yang dari air gunung. Ada yang dari air keramatkan dan lain sebagainya," ujarnya.

Diketahui, prosesi penghimpunan tanah dan air bertema "Tanah dan Air dari Jawa Barat untuk IKN" itu dilakukan secara sederhana di Gedung Sate, Minggu (13/3/2022) kemarin.

"Prosesi juga dibuat sederhana, semata-mata simbol ketawaduan, simbol keserdahanaan Jawa Barat yang tentu mendoakan lahir batin agar perjalanan bangsa ini Allah berkahi, Allah lindungi," katanya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar, KH Rahmat Syafei yang hadir dalam prosesi tersebut sebagai wujud ketulusan, tanggung jawab, dan dukungan rakyat Jabar untuk IKN.

"Mudah mudahan dengan doa dan simbolik itu, rakyat Jawa Barat merasakan. Ikut tanggung jawab atas persatuan dan pembangunan NKRI," ucapnya.

Rahmat juga menyebutkan bahwa prosesi itu untuk meluruskan niat dari dukungan semua elemen rakyat Jabar.

"Jadi saya berdoa dan meluruskan niat. Kita semua khususnya Gubernur, adalah simbol untuk mendukung sepenuhnya tentang IKN itu," kata Rahmat.

Senada dengan Rahmat, budayawan Sunda, Aat Soeratin yang turut hadir dalam prosesi mengatakan, Jabar membawa oleh-oleh, yang sangat filosofis, yaitu tanah dan air, yang diambil dari 27 kabupaten/kota untuk dipersatukan dengan tanah di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Mudah-mudahan ibu kota baru itu menjadi ibu kota harapan, mudah-mudahan menjadi Indonesia yang jauh lebih baik," kata Aat.

Topik Menarik