Urutan Film Batman, Wajib Tahu sebelum Nonton The Batman

Urutan Film Batman, Wajib Tahu sebelum Nonton The Batman

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 12 Maret 2022 - 10:58
share

JAKARTA, celebrities.id - Bob Kane dan Bill Finger selaku pencipta Batman tidak menyangka jika urutan film Batman bisa sepopuler itu, bahkan kepopulerannya hingga lintas generasi. Telah diperankan oleh beberapa aktor ternama, karakter Batman dari masa ke masa memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya.

Karakter Batman sendiri tidak terlepas dari sosok Joker, sang musuh abadi. Batman awalnya diperkenalkan dalam komik berjudul Detective Comics.

Saat ini, kisah kepahlawanan Bruce Wayne telah diadaptasikan ke dalam film, serial TV, animasi, video games dan lain-lain. Identitas asli dari Batman sendiri adalah seorang pengusaha yang kaya raya bernama Bruce Wayne.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (28/2/2022) Celebrities.id telah merangkum urutan film Batman, sebagai berikut.

Deretan Urutan Film Batman

Batman: The Movie (1966)

Karakter Batman pertama kali tampil dalam Detective Comic No. 27 pada 1939. Baru pada 1966 muncul versi film live action yang dibintangi Adam West sebagai Batman dan Burt Ward sebagai Robin.

Salah satu hal spesial dari urutan film Batman pertama ini adalah tak hanya memunculkan satu, namun empat musuh bebuyutan Batman sekaligus, yaitu Joker, Catwoman, The Penguin dan The Riddler.

Batman (1989)

Film ini menceritakan tentang Bruce Wayne (Batman) yang tumbuh dewasa dan berusaha melawan para penjahat yang ada di kota Gotham. Masalahnya kian menjadi rumit ketika muncul seorang badut kriminal yang dikenal sebagai Joker.

Film ini juga menempati posisi ke-5 paling laris pada 1989. Selain itu, film Batman ini juga meraih piala Oscar di kategori best art direction.

Batman Returns (1992)

Batman Returns hadir dengan cerita lebih gelap dan kejam. Tidak heran sekuel film dari aktor Michael Keaton ini, kembali masuk dalam nominal Oscar dengan kategori visual efek dan make up terbaik.

Film Batman Returns menceritakan tentang kisah Bruce Wayne yang kembali bertemu musuh utamanya, yaitu The Penguin. Musuh Batman satu ini merupakan seorang psikopat yang bekerja sama dengan pebisnis bernama Max Shreck untuk menguasai Gotham.

Batman Forever (1995)

Serial Batman ini sudah tidak disutradarai lagi Tim Burton, melainkan oleh Joel Schumacher. Michael Keaton juga ikut mengundurkan diri dan pemeran Bruce Wayne digantikan oleh Val Kilmer.

Kali ini Batman tidak sendirian, dia dibantu oleh Robin untuk menangani rentetan kejahatan yang dilakukan oleh Two-Faced dan The Ridler. Meskipun film ini dianggap memberikan warna baru dalam produksinya, namun beberapa fans Batman menilai film ini buruk.

Batman & Robin (1997)

Menampilkan Robin ditambah Batgirl yang ikonis diperankan Alicia Silverstone. Musuhnya pun sebenarnya cukup menjanjikan, yaitu Dr. Freeze (Arnold Schwarzenegger) dan Poison Ivy (Uma Thurman).

Namun, lineup tersebut tidak sanggup menyelamatkan film yang bagi banyak kritikus merupakan film Batman terjelek. Salah satu penyebabnya adalah puting pada kostum Batman dan Robin.

Batman Begins (2005)

Christopher Nolan, adalah sutradara dibalik kesuksesan besar film yang satu ini. Tak hanya Batman Begins, ia pun menyutradarai sekuel kedua dan ketiganya, yakni The Dark Night dan The Dark Night Rises.

Dalam Batman Begins, diceritakan bahwa Bruce Wayne bergabung dengan League of Shadow yang dipimpin oleh Ras al Ghul. Di sana, ia berlatih ketangkasan fisik dan mental untuk membasmi semua kejahatan.

Dia lalu kembali ke Gotham City sebagai seorang Batman. Namun, seorang prajurit dari League of Shadow, Henri Ducard, menjadi mimpi buruk Bruce karena ia ingin menghancurkan Kota Gotham.

The Dark Knight (2008)

Masih diperankan oleh Christian Bale dan disutradarai oleh Christopher Nolan, The Dark Knight menceritakan tentang aksi penyelamatan kota Gotham dari musuh Batman yang paling berbahaya, yaitu Joker yang diperankan oleh Heath Ledger.

Tak hanya Joker yang menjadi musuhnya, ada Jaksa Henry Dent yang awalnya rekan Batman dalam menumpas kejahatan. Namun karena masuk dalam perangkap Joker, muka Harvey Dent mengalami kerusakan dan Batman-lah yang tidak sengaja melakukannya ketika ingin menyelamatkan Dent.

Harvey Dent mengubah namanya menjadi Two-Face dan menjadi kriminal untuk membalaskan dendamnya terhadap Batman.

The Dark Knight Rises (2012)

Film Batman yang dianggap paling "complicated" adalah The Dark Knight Rises. Film ini dihadapkan pada situasi yang sulit mengingat kesuksesan pendahulunya, The Dark Knight.

Tapi film ini juga dianggap sebagai penutup yang baik dalam trilogi The Dark Knight yang dimulai dari Batman Begins (2005).

Batman v Superman: Dawn of Justice (2016)

Film ini menceritakan perseteruan antara Batman dan Superman. Batman merasa kehadiran Superman mengancam kehidupan manusia, terutama karena sebagian warga Gotham menjadi korban pertempuran antara Superman dan Jenderal Zod.

Kedua perseteruan ini semakin memanas akibat provokasi yang dilakukan oleh Lex Luthor. Luthor juga berhasil membangkitkan monster yang lahir dari DNA yang dimiliki oleh Jenderal Zod. Menyadari bahwa mereka sedang diadu domba, Batman dan Superman akhirnya bekerja sama untuk mengalahkan monster tersebut.

The Batman (2022)

The Batman memang diekspektasikan akan menjadi yang paling gelap dan brutal jika dibandingkan dengan trilogi The Dark Knight karya Christopher Nolan. Dalam film ini, karakter Bruce Wayne diperankan oleh Robert Pattinson.

Catwoman yang diperankan oleh Zoe Kravitz dan Penguin yang diperankan oleh Colin Farrell juga akan muncul pada film ini. Karakter Catwoman dalam film ini mendapat porsi lebih banyak jika dibandingkan dengan film-film sebelumnya.

Hal tersebut sesuai dengan yang ada pada buku komik yang menggambarkan pentingnya Catwoman dalam hidup Batman. Film karya Matt Reeves ini rencana akan dirilis pada 4 Maret 2022.


Topik Menarik