9 Tanda WhatsApp Disadap, Waspada jika Login dan Logout Sendiri

9 Tanda WhatsApp Disadap, Waspada jika Login dan Logout Sendiri

Seleb | celebrities.id | Minggu, 6 Maret 2022 - 16:22
share

JAKARTA, celebrities.id - Tanda WhatsApp disadap cukup mudah dikenali. Memang, belakangan ini WhatsApp menjadi salah satu media sosial yang sering disadap orang tak bertanggung jawab.

Akun WhatsApp yang berhasil disadap memungkinkan isi pesan, isi kontak, aktivitas komunikasi, hingga data pribadi kita bocor ke tangan orang lain.

Untuk itu, sebagai pengguna WhatsApp kita wajib tahu tanda-tanda kalau akun kita sedang disadap. Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dijadikan acuan bahwa akun WhatsApp kita memang telah disadap, apa saja? Berikut sembilan tandanya, dilansir dari berbagai sumber, Minggu (6/3/2022).

1. Tidak bisa login

Satu nomor telepon pada dasarnya hanya bisa dipakai di satu aplikasi WhatsApp. Nomer tersebut tidak dapat digunakan di lebih dari satu perangkat secara bersamaan. Jadi, jika mengalami masalah saat log in ke akun, ada kemungkinan orang lain sedang menggunakannya.

2. Logout sendiri

Selain tidak bisa login, WhatsApp yang terlogout sendiri juga bisa menjadi tanda bahwa akun telah disadap. Kalau tiba-tiba akun WhatsApp logout sendiri, maka harus waspada. Bisa jadi orang lain telah membajak dan menyadap membajak akun kalian.

3. Mendapat kiriman OTP

Ketika kita ingin login, pasti WhatsApp akan mengirim 6 digit nomor OTP ke nomor yang terdaftar di WhatsApp. Jika nomer tersebut mendapat kiriman OTP secara tiba-tiba, itu tandanya ada orang yang berusaha masuk ke akun WhatsApp kalian.

4. Kirim pesan sendiri

Jika mendapati pesan terkirim tanpa kalian sadari, maka sudah bisa dipastikan bahwa WhatsApp sedang disadap oleh orang lain. Akun kalian sudah dikuasai oleh orang tak bertanggung jawab dan mereka telah mengirimkan pesan secara diam-diam.

Waspadai tanda WhatsApp disadap, salah satunya login dan logout sendiri. (Foto: Freepik.com)
Waspadai tanda WhatsApp disadap, salah satunya login dan logout sendiri. (Foto: Freepik.com)

5. Pesan terbaca sendiri

Tanda lain WhatsApp kalian telah disadap adalah pesan yang sudah terbaca sendiri. Apalagi jika kalian ingat betul kalau belum membuka pesan WhatsApp. Mungkin si penyadaplah yang telah membaca pesan tersebut.

6. WhatsApp web aktif sendiri

Mengingat WhatsApp Web dapat dioperasikan melalui 4 perangkat berbeda, kalau tiba-tiba aktif di perangkat yang tidak dikenal itu juga bisa jadi pertanda WhatsApp sedang di sadap. Segera amankan akun agar peretasan tidak semakin dalam.

7. Terdapat aplikasi asing terpasang

Jika tiba-tiba ada aplikasi asing terpasang di smartphone kalian, maka patut curiga. Aplikasi asing itu bisa dipasang saat kalian meninggalkan smartphone. Aplikasi bisa jadi alat sadap untuk membajak WhatsApp kalian.

8. Baterai cepat habis

Berkaitan dengan tanda di atas, aplikasi asing yang berjalan di latar belakang tentu akan memakan daya. Jika baterai smartphone cepat habis namun kondisi baterai dirasa masih sehat dan tidak membuka banyak aplikasi kemungkinan WhatsApp kalian tengah disadap.

9. WhatsApp lemot

WhatsApp yang dibajak akan berjalan lemot karena harus bekerja lebih ekstra. Pastikan tidak ada masalah pada kapasitas memori kalian, jika semuanya dirasa aman namun tetap lemot, bisa jadi WhatsApp sedang dibajak.

Topik Menarik