Beautypedia: Ini Cara Tepat Memakai Pipet Serum

Beautypedia: Ini Cara Tepat Memakai Pipet Serum

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 4 Maret 2022 - 15:41
share

JAKARTA, celebrities.id - Serum menjadi satu rangkaian kecantikan yang kerap dilakukan wanita. Tujuannya agar wajah menjadi lebih glowing.

Sayangnya, di masyarakat masih ada perbedaan pendapat terkait cara memakai pipet pada serum. Bahkan terbaru cara pakai serum wajah ala Wirda Mansur sempat menuai polemik. Pasalnya, anak dari Yusuf Mansur tersebut melakukan teknik yang tak biasa.

Wirda Mansur pakai serum dengan menempelkan pipet serum ke kulit wajah. Menurut banyak netizen, hal tersebut sepatutnya tidak boleh dilakukan karena akan membuat pipet serum kotor.

Dokter Estetika dr Abelina, MM, MARS, menjelaskan bahwa sebaiknya penggunaan serum tidak menempelkan pipet botol serum ke kulit wajah. Sebab, tindakan itu mengkontaminasi pipet.

"Jangan sampai ujung pipet botol serum menempel ke kulit wajah. Hal itu memastikan pipet terkontaminasi bakteri yang ada di kulit wajah," kata dr. Abelina dalam konferensi pers virtual Trueve Wonder Woman Collection, Jumat (4/3/2022).

Di kesempatan itu, dr Abel, sapaan akrabnya juga menjelaskan cara pakai serum yang tepat selain memastikan tidak menempelkan pipet serum ke kulit wajah.

Adalah memastikan kulit tidak dalam kondisi kering saat serum diaplikasikan. Jadi, jika serum ingin dipakai setelah cuci muka, maka usahakan aplikasikan toner terlebih dulu.

"Jika Anda tidak mau pakai toner, maka beri jeda waktu setelah cuci muka dengan penggunaan serum. Pastikan kulitnya agak sedikit lembap baru kemudian pakai serum," katanya.

Hal ini menjadi penting karena penggunaan serum pada kulit wajah yang kering tidak akan memaksimalkan kerja serum di kulit. Ini karena secara anatomi kulit, saat kulit kering ruang untuk penyerapan zat aktif menjadi sangat susah.

Lebih lanjut, saat pengaplikasian serum usahakan satu pipet saja dan setelah serum ada di kulit, segera ratakan dan pijat dengan lembut.

Proses pemijatan saat pengaplikasian serum memaksimalkan serum meresap sempurna ke dalam kulit. Itu kenapa pijat lembut saat pakai serum menjadi penting.

"Kalau mau pakai roller jet juga boleh, tapi itu tidak harus kalau menurut saya. Yang paling utama itu pijat dengan tangan saja dan pastikan tangan dalam kondisi bersih, ya," kata dr Abel.

Topik Menarik