Menparekraf Kembangkan Traces of Civilization di Jambi, Miliki Sejarah Institusi Pendidikan Tertua di Indonesia

Menparekraf Kembangkan Traces of Civilization di Jambi, Miliki Sejarah Institusi Pendidikan Tertua di Indonesia

Seleb | celebrities.id | Kamis, 3 Maret 2022 - 17:58
share

JAMBI, celebrities.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan Provinsi Jambi terdapat institusi pendidikan menghasikan kreativitas tinggi.

"Jadi Jambi ini adalah provinsi yang memiliki sejarah institusi pendidikan tertua di Indonesia, yaitu Komplek Candi Muarojambi. Karena disinilah pendidikan yang berbasis pendidikan tinggi yang menghasilkan kreativitas-kreativitas dan imajinasi," kata Sandiaga Uno, Kamis (3/3/2022).

Sandiaga Uno mengatakan memilih Provinsi Jambi ini dengan penuh pertimbangan matang."Kami ingin mengembangkan, yaitu traces of civilization, yaitu jejak tentang peradaban yang sebetulnya adalah bagian dari pengembangan destinasi super prioritas Borobudur, tapi ternyata jejak peradabannya itu ada di Candi Muarojambi," ucapnya.

Dia menambahkan bahwa di Jambi juga ada beberapa Geopark termasuk Kerinci di mana ada produk ekonomi kreatif yang dikenal dengan kopi Kerinci dan juga teh diminum Ratu Elizabeth.

Branding-branding inilah yang akan kita kembangkan, valuevalue inilah yang nantinya akan menjadi destinasi wisata tersendiri, bukan hanya destinasi pariwisata tetapi juga sentra ekonomi kreatif," kata Sandiaga Uno.

Gubernur Jambi Al Haris menjelaskan Provinsi Jambi saat ini tengah mengembangkan desa-desa wisata yang mempunyai potensi mulai dari wisata alam, buatan dan budaya yang tersebar di beberapa kabupaten.

"Ada sebanyak 52 desa wisata, dengan status desa rintisan, berkembang, dan maju atau mandiri. Pemerintah Provinsi Jambi berupaya dalam membina dan mengembangkan desa desa ini agar menjadi desa-desa wisata yang maju dan mandiri," ujarnya.

Namun begitu, pihaknya juga menyadari, selain pembinaan juga perlu dukungan infrastruktur dasar, baik berupa infrastruktur jalan, penyediaan air bersih, penataan kawasan dan infrastrukur pendukung lainnya.

"Untuk itu, kami mengharapkan dukungan dan sinergi program dari pemerintah pusat dalam pemenuhan infrastruktur dasar tersebut," tutur Al Haris.

Gubernur Jambi menambahkan Pemerintah Provinsi Jambi akan mempersiapkan desa kreatif sebagai salah satu upaya dalam membangkitkan perekonomian desa.Di samping itu, Pemerintah Provinsi Jambi juga akan mendorong pemerintahan desa dan para generasi muda guna menciptakan kreatifitas dalam membangun perekonomian.

Selanjutnya, Gubernur menyambut baik Keputusan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif nomor: KM/107/KD.03/2021 tentang Panduan Pengembangan Desa Kreatif yang tujuannya adalah untuk membangkitkan ekonomi desa, mengurangi kemiskinan, serta berkontribusi meningkatkan Produk Domestik Bruto dan Produk Domestik Regional Bruto.

Dia mengharapkan Jambi memiliki desa-desa mandiri, dengan melibatkan dan mendorong pemerintah desa untuk berani menciptakan banyak hal-hal kreatif, dengan melibatkan generasi muda yang ada di desa, sehingga nanti akan muncul desa-desa kreatif dari para generasi muda yang kreatif.

Pemerintah Provinsi Jambi menyambut baik dengan adanya Keputusan Menteri ini, karena ini adalah harapan baru bagi warga di desa, untuk menciptakan inovasi dan kreatifitas yang pelakunya pasti generasi muda," katanya.

Topik Menarik