Loading...
Loading…
Diet Vegetarian: Jenis, Cara, dan Manfaat

Diet Vegetarian: Jenis, Cara, dan Manfaat

Seleb | celebrities.id | Kamis, 24 Februari 2022 - 18:57

JAKARTA, celebrities.id Diet vegetarian merupakan salah satu program diet yang mampu menurunkan berat badan dengan mengonsumsi makanan nabati.

Biasanya, orang yang menjalani pola makan ini akan menghindari makanan yang berasal dari hewan, baik daging sapi, unggas, babi, hingga makanan laut.

Lantas, apa saja manfaat dari diet vegetarian? Bagaimana cara melakukan diet vegetarian yang benar? Berikut penjelasan mengenai diet vegetarian yang dirangkum Celebrities.id dari berbagai sumber. Apa Itu Diet Vegetarian?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, diet vegan membuat Anda mengonsumsi sayur lebih banyak.

Mengutip dari laman hellosehat, diet vegetarian dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yakni: Apa Manfaat Diet Vegetarian?

Manfaat dari diet vegetarian adalah membantu mengendalikan berat badan Anda. Selain itu, pola makan berbasis nabati dipercaya dapat menjadi cara untuk mengurangi risiko terhadap banyak penyakit kronis seperti kanker prostat, kanker usus besar, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi.

Beberapa orang yang melakukan diet vegetarian juga karena ingin berkontribusi terhadap kebaikan lingkungan. Sebagian lainnya beralasan karena ingin menciptakan dunia yang lebih peduli sesama makhluk hidup. Bagaimana Cara Melakukan Diet Vegetarian?

Baca Juga :
Hamish Daud Terapkan Gaya Hidup Flexitarian

Sebelum menjalankan program diet ini sebaiknya Anda membuat perencanaan makan mulai dari sarapan, makan siang, makan malam. Selain untuk mengurangi rasa lapar, hal ini juga bertujuan agar nutrisi yang dibutuhkan tetap cukup.

Pada saat sarapan, Anda bisa menggantinya dengan buah-buahan seperti apel, strawberry, pisang, pear, melon, atau pepaya.

Untuk makan siang, kurangi porsi makan siang yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi atau mie. Gantikan makanan-makanan tersebut dengan sayuran segar. Porsi sayuran harus lebih dari 50 persen.

Untuk makan malam, Anda bisa memasak sup bening atau salad sayuran segar yang terdiri dari selada, paprika, tomat yang rendah kalori. Beda Diet Vegan dan Vegetarian

Diet vegetarian sebenarnya juga bisa disebut sebagai diet vegan. Ini karena kedua jenis diet tersebut sama-sama menerapkan pola makan non produk hewani.

Beda diet vegan dan vegetarian terletak pada jenis makanannya. Pelaku diet vegan sama sekali tidak boleh mengonsumsi daging merah, unggas, ikan, makanan laut, hingga olahan hewani seperti susu dan telur.

Baca Juga :
Awalnya Sendi Ngilu, Begini Kronologi Melaney Ricardo Terjangkit Covid-19 Hingga Sembuh

Sedangkan pelaku diet vegetarian secara khusus masih boleh mengonsumsi produk olahan hewani, seperti susu, mentega, keju, krim, hingga yoghurt.

Bahkan, beberapa jenis diet vegetarian juga masih ada yang boleh mengonsumsi ikan. Pelaku diet vegetarian tidak kaku hanya mengonsumsi sayur, buah, dan biji-bijian seperti diet vegan.

Original Source

Topik Menarik

{