Ciri-Ciri Kena Omicron yang Berbeda dari Varian Covid-19

Ciri-Ciri Kena Omicron yang Berbeda dari Varian Covid-19

Seleb | celebrities.id | Senin, 21 Februari 2022 - 17:12
share

JAKARTA, celebrities.id - Masyarakat Indonesia saat ini dianjurkan untuk lebih peka terhadap ciri-ciri kena Omicron yang berbeda dari varian Covid-19 sebelumnya.

Menurut WHO, Covid-19 varian omicron lebih menular dibandingkan varian lain, termasuk delta. Di beberapa kasus, Covid-19 varian omicron menyebabkan gejala yang tidak terlalu parah, terutama pada penderita yang sudah divaksinasi, usia muda, dan tanpa komorbid.

Omicron sendiri saat ini sudah masuk kategori \'variant of Concern\' (VOC) di banyak negara. Kategori ini diartikan sebagai varian virus Corona yang diduga mampu menyebabkan peningkatan penularan serta kematian dan bahkan dapat mempengaruhi efektivitas vaksin.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (13/2/2022) Celebrities.id telah merangkum beberapa ciri-ciri kena Omicron yang berbeda dari varian Covid-19 , sebagai berikut:

Ciri-ciri terkena Omicron yang Berbeda dari Delta

1. Demam

Ciri awal pasien yang terkena covid varian Omicron adalah merasakan demam ringan disertai batuk kering, pilek, bersin, tenggorokan gatal dan sakit kepala.

2. Sesak Napas

Selanjutnya penderita akan merasakan sesak napas, nyeri dada apabila infeksi parah (biasanya penderita komorbid).

3. Diare

Sebagian penderita varian Omicron juga merasakan mual, muntah hingga diare terus menerus ketika sudah parah dan terlambat dalam penanganannya.

4. Kelelahan Berlebih

Pasien omicron juga memiliki ciri-ciri mudah lelah meskipun tidak melakukan aktivitas berat. Biasanya disertai dengan nyeri pada otot atau persendian.

5. Berkeringat Berlebih

Saat demam yang tinggi, biasanya penderita dalam kasus Omicron mengeluarkan keringat seperti sedang berolahraga berat. Keringat yang keluar saat itu dipercaya sebagian peneliti adalah proses pengeluaran ion-ion tubuh yang tidak bermanfaat

Topik Menarik