5 Step Skincare untuk Memperlambat Tanda Penuaan di Kulit, Sunscreen dan Pelembab Tetap Utama

5 Step Skincare untuk Memperlambat Tanda Penuaan di Kulit, Sunscreen dan Pelembab Tetap Utama

Seleb | celebrities.id | Senin, 21 Februari 2022 - 15:27
share

JAKARTA, celebrities.id - Penuaan kulit pada wajah dan tubuh adalah hal pasti yang akan terjadi. Meski tidak bisa dihentikan, tapi kerusakan kulit dan tanda-tanda penuaan pada wajah dan tubuh bisa dikurangi dengan pemakaian skincare yang tepat.

Ada beberapa tips mudah yang bisa diikuti untuk membantu nelindungi kulit Anda dengan benar termasuk memerangi garis-garis halus dan kerutan secara efektif hingga memperhatikan bagian-bagian yang terabaikan yang membuat kita jadi terlihat lebih tua.

Apa saja tips tahapan skincare untuk memperlambat kerusakan dan tanda penuaan di kulit wajah dan tubuh? Mewarta Channelnewsasia, Senin (21/2/2022) simak paparan tip Dr Sau Po Yi, direktur medis Nuffield Aesthetics, berikut ini.

1. Proteksi dengan sunscreen

Menurut Dr Sau, sunscreen adalah perawatan kulit yang paling penting dan paling hemat biaya dalam hal anti-penuaan. Sunscreen dipakai untuk melindungi kulit baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Tipsnya, oleskan kembali setiap dua, tiga jam terutama saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Dr Sau menyebut agar dapat hasil maksimal dari tabir surya, pelajari membaca labelnya. Sunscreen yang baik, harus bisa melindungi terhadap UVA (sinar) yang membuat kerusakan kolagen, menyebabkan tanda-tanda penuaan, dan UVB (sinar) yang menyebabkan kulit terbakar dan meningkatkan risiko kanker kulit. Pilihlah tabir surya dengan kandungan SPF 50.

2. Pelembap

Jangan anggap remeh pelembap kulit, karena menjaga kulit tetap terhidrasi alias tidak kering adalah kunci untuk mencegah garis-garis halus dan kerutan loh! Pelembab yang baik tidak harus mahal, tapi harus mengandung bahan-bahan seperti ceramide atau asam lemak yang membantu menjaga penghalang kulit dan mempertahankan kelembapan dan hidrasi. Sebaiknya, cari juga pelembap dengan kandungan squalene, emolien brilian yang membantu melembutkan kulit.

3. Antioksidan

Zat antioksidan untuk perawatan skincare bisa didapat salah satunya dengan memakai vitamin C. Dokter Sau menyebut, terbukti dengan bukti ilmiah, vitamin C bisa melawan stres oksidatif yang dapat mempercepat penuaan kulit. Selain itu, zat antioksidan yang kuat juga bisa melindungi kulit dari stresor lingkungan seperti paparan sinar UV sekaligus berperan penting dalam sintesis kolagen, memperbaiki kerusakan struktural kulit akibat penuaan. Tapi hati-hati, sebagian orang dengan kulit sangat sensitif harus waspada dengan penggunaan, konsentrasi vitamin C yang tinggi karena bisa menyebabkan iritasi.

4. Pakai retinol

Jika kulit terlihat kusam dan tidak merata, jangan ragu pakai retinol atau vitamin A ke dalam tahapan skincare Anda. Dengan retinol, bisa membantu meningkatkan pergantian sel kulit sehingga memperbaiki tekstur dan tampilan kulit.

Jika dipakai rutin, retinol diketahui bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, meratakan warna kulit dan meningkatkan produksi kolagen, mengurangi munculnya garis-garis halus, kerutan dan kekenduran kulit. Bagi pemula, Dr Sau menyarankan retinol dipakai dalam ukuran kecil dulu agar kulit bisa beradaptasi dan untuk menyiasati efek pengeringan akibat pemkaian retinol, jangan lupa oleskan pelembab sebelum dan sesudah mengaplikasikan retinol.

5. Area di luar wajah

Jangan hanya wajah, perhatikan juga area lainnya seperti leher, mata, bibir, tangan hingga lutut. Pertama untuk leher, rutin oleskan pelembab, tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV daan mencegah penuaan dini. Sedangkan untuk mata, rawat area ini dengan gel atau krim mata yang melembabkan secara teratur dengan gel atau krim mata (dengan SPF), yang cocok dengan jenis kulit.

Area bibir bisa dirawat dari penuaan, dengan pemakaian lip balm yang punya SPF dan masker bibir yang bisa digunakan sesekali agar bibir tetap terhidrasi dengan baik. Terakhir, untuk area tangan dan lutut, memakai pelembab secara teratur bisa membantu menjaga kulit area ini tetap kenyal dan terhidrasi. Dr. Sau juga menyarankan untuk mengoleskan sunscreen pada tangan dan lutut.

Topik Menarik