10 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat secara Alami, Wajah Kembali Mulus

10 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat secara Alami, Wajah Kembali Mulus

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 18 Februari 2022 - 18:50
share

JAKARTA, celebrities.id Cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami memang sering dicari para wanita. Pasalnya, tumbuhnya jerawat dapat membuat tidak percaya diri.

Jerawat merupakan kondisi kulit ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel-sel kulit mati. Gejala mulai dari komedo kepala hitam hingga jerawat nanah atau benjolan besar dan kemerahan.

Melansir Healthline Jumat (18/2/2022), berikut 10 cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami.

1. Oleskan cuka sari apel

Campurkan cuka sari apel dan bagian air dengan perbandingan 1:3. Setelah dibersihkan, oleskan campuran tersebut ke kulit dengan menggunakan bola kapas. Diamkan selama 5-20 detik, bilas dengan air dan keringkan. Ulangi proses ini 1-2 kali sehari, sesuai kebutuhan. Penting untuk dicatat bahwa mengoleskan cuka sari apel ke kulit Anda dapat menyebabkan luka bakar dan iritasi. Jika Anda memilih untuk mencobanya, gunakan dalam jumlah kecil dan encerkan dengan air.

2. Buat masker madu dan kayu manis

Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis untuk membentuk pasta. Setelah dibersihkan, oleskan masker ke wajah Anda dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas masker seluruhnya dan keringkan wajah Anda.

3. Perawatan spot dengan minyak pohon teh

Campurkan 1 minyak pohon teh dan bagian air dengan perbandingan 1 : 9. Celupkan kapas ke dalam campuran dan oleskan ke daerah yang terkena. Oleskan pelembab jika diinginkan. Ulangi proses ini 1-2 kali sehari, sesuai kebutuhan.

4. Oleskan teh hijau ke kulit Anda

Seduh teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit. Biarkan teh menjadi dingin. Dengan menggunakan bola kapas, oleskan teh ke kulit Anda atau tuangkan ke dalam botol semprot untuk menyemprotkannya. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air dan keringkan kulit Anda.

5. Terapkan witch hazel

Campurkan 1 sendok makan kulit kayu witch hazel dan 1 cangkir air dalam panci kecil. Rendam witch hazel selama 30 menit, lalu didihkan di atas kompor. Tutup selama 10 menit. Angkat campuran dari api dan biarkan selama 10 menit lagi. Saring dan simpan cairan dalam wadah tertutup. Oleskan ke kulit bersih menggunakan bola kapas 1-2 kali sehari, atau sesuai keinginan.

6. Melembabkan dengan lidah buaya

Gosok gel dari tanaman lidah buaya dengan sendok. Oleskan gel langsung ke kulit yang bersih sebagai pelembab. Ulangi 1-2 kali per hari, atau sesuai keinginan.

7. Lakukan eksfoliasi secara teratur

Campurkan gula atau garam dan minyak kelapa dengan perbandingan yang sama. Gosok kulit Anda dengan lembut dengan campuran tersebut dan bilas dengan baik. Lakukan eksfoliasi sesering yang diinginkan.

8. Ikuti diet beban glikemik rendah

Hindari makanan dengan indeks glikemik tinggi termasuk makanan olahan, seperti: roti putih, minuman ringan manis, kue, donat, kue kering, permen, sereal sarapan manis.

Diet makanan dengan indeks glikemik rendah meliputi: buah-buahan, Sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian utuh.

9. Kurangi stres

Banyak cara untuk mengurangi stress yaitu tidur lebih banyak, melakukan aktivitas fisik, berlatih yoga, merenungkan, tarik napas dalam-dalam.

10. Berolahraga secara teratur

Misalnya, olahraga meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Peningkatan aliran darah membantu menyehatkan sel-sel kulit, yang dapat membantu mencegah dan menyembuhkan jerawat. Olahraga juga berperan dalam kadar dan regulasi hormon. Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan A.S. merekomendasikan agar orang dewasa melakukan 150 menit latihan aerobik dan melakukan aktivitas latihan kekuatan dua hari per minggu. Ini bisa termasuk berjalan, hiking, berlari, dan mengangkat beban.

Sedangkan untuk menghilangkan bekas jerawat, berikut 10 cara alami menghilangkan bekas jerawat.

1. Lidah buaya

Kupas atau hilangkan "kulit" hijau tua dari sisi rata daun lidah buaya. Ambil gel hijau muda yang bening. Oleskan gel tersebut langsung ke bekas luka Anda dengan gerakan melingkar. Setelah setengah jam, bilas gel dengan air dingin yang segar. Ulangi dua kali setiap hari.

2. Vitamin E

Buka kapsul vitamin E di atas bekas luka dan peras minyak ke bekas luka. Selama sekitar 10 menit, pijat minyak pada dan sekitar bekas luka. Setelah sekitar 20 menit bilas minyak dengan air hangat. Ulangi proses ini minimal 3 kali sehari.

3. Madu

Sebelum tidur, tutupi bekas luka Anda dengan lapisan madu. Bungkus bekas luka yang tertutup madu dengan perban. Biarkan selama satu malam penuh. Di pagi hari, lepaskan perban dan bersihkan madu dengan air hangat. Jadikan ini bagian dari rutinitas Anda setiap malam.

4. Minyak kelapa

Panaskan beberapa sendok makan minyak kelapa hingga mencair. Pijat minyak ke bekas luka selama sekitar 10 menit. Biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam. Ulangi dua hingga empat kali setiap hari.

5. Cuka sari apel

Campurkan empat sendok makan air suling dengan 2 sendok makan cuka sari apel. Celupkan bola kapas ke dalam campuran sari air dan oleskan pada bekas luka Anda. Biarkan kering. Lakukan ini setiap malam sebelum Anda tidur, cuci area tersebut di pagi hari.

6. Lavender dan minyak zaitun

Campurkan tiga tetes minyak esensial lavender ke dalam tiga sendok makan minyak zaitun extra-virgin. Pijat campuran ke area bekas luka selama sekitar 5 menit. Biarkan minyak di tempatnya selama sekitar 30 menit. Bilas area tersebut dengan air hangat. Ulangi proses ini minimal tiga kali sehari.

7. Lemon

Potong irisan dari lemon segar. Gosok dengan lembut sisi lemon yang berair pada bekas luka. Bersantailah selama sekitar 10 menit sebelum membilas area tersebut dengan air dingin. Lakukan ini setiap hari pada waktu yang sama.

8. Kentang

Potong kentang menjadi lingkaran tebal sedang. Dengan gerakan memutar, gosokkan irisan kentang pada bekas luka Anda. Setelah irisan kentang mulai mengering, buang dan lanjutkan menggosok dengan irisan lainnya. Lanjutkan menggosok dan mengganti selama sekitar 20 menit dan kemudian biarkan bekas luka mengering selama sekitar 10 menit. Bilas area tersebut dengan air dingin. Ulangi proses ini setidaknya satu kali setiap hari.

9. Rosehip

Campurkan minyak esensial mawar dan minyak esensial kemenyan dengan perbandingan yang sama. Pijat campuran rosehip-frankincense ke bekas luka. Tunggu selama 45 menit sebelum membilas area dengan lembut dengan air hangat. Ikuti prosedur ini tiga kali sehari.

10. Soda kue

Campurkan air suling sedikit demi sedikit ke dalam dua sendok makan soda kue sampai membentuk pasta. Basahi bekas luka Anda dengan air suling, lalu oleskan pasta ke bekas luka yang basah. Pegang pasta di tempatnya dengan kompres hangat selama 15 menit. Bilas area tersebut dan ulangi setiap hari.

Topik Menarik