Pedoman Isolasi Mandiri Omicron Lengkap Tata Cara dan Waktu

Pedoman Isolasi Mandiri Omicron Lengkap Tata Cara dan Waktu

Seleb | celebrities.id | Kamis, 17 Februari 2022 - 17:02
share

JAKARTA, celebrities.id Jumlah kasus Covid-19 kembali meningkat karena varian Omicron yang menular lebih cepat daripada varian Delta. Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk mengetahui gejala Covid-19 hingga pedoman isolasi mandiriomicron yang benar.

Meski gejala-gejala yang ditimbulkan Omicron tidak seberat gejala Delta, masyarakat harus tetap waspada karena bisa berbahaya bagi beberapa kelompok tertentu seperti lansia, anak-anak, orang dengan komorbid, dan orang yang belum divaksinasi.

Kebanyakan pasien dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri karena tidak bergejala atau gejala ringan. Meski begitu, ada sejumlah syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan bagi pasien Omicron yang akan melakukan isolasi mandiri.

Berikut syarat, tata cara, dan panduan isolasi mandiri di rumah bagi pasien Covid-19 yang terpapar varian Omicron.

1. Memenuhi syarat klinis

Pasien Omicron boleh melakukan isolasi mandiri apabila memenuhi syarat klinis, yaitu usia kurang dari 45 tahun dan tidak memiliki komorbid. Selain itu, pasien dapat mengakses telemedicine atau layanan kesehatan lainnya, dan berkomitmen untuk tetap diisolasi sebelum diizinkan keluar.

2. Ada ruang isolasi di rumah

Pasien harus dapat tinggal di kamar terpisah, lebih baik lagi jika lantai terpisah. Usahakan ada ventilasi dan masuk sinar matahari. Kemudian ada kamar mandi di dalam rumah terpisah dengan penghuni rumah lainnya.

3. Selalu sedia peralatan kesehatan

Pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah harus memiliki termometer dan oksimeter untuk memantau kondisi tubuh harian.

4. Selalu periksa kondisi kesehatan

Selama isolasi, pasien harus rutin memeriksa suhu tubuh, frekuensi nadi, dan saturasi oksigen, minimal dilakukan pada pagi dan sore hari.

5. Konsumsi obat dan makanan bergizi

Selama isolasi, pasien harus dalam pengawasan Puskesmas atau Satgas setempat. Siapkan vitamin dan obat-obatan sesuai anjuran dokter. Pasien juga dianjurkan makan makanan bergizi selama isolasi mandiri.

6. Berolahraga ringan

Selama isolasi mandiri, pasien disarankan untuk berolahraga ringan. Lakukan kegiatan harian rutin pagi hari. Pasien juga disarankan berjemur minimal 10 hingga 15 menit setiap hari.

7. Jaga jarak dengan orang serumah

Pasien harus berdiam di rumah dengan tetap memakai masker. Pasien juga harus menjaga jarak dengan orang serumah.

8. Durasi isolasi mandiri

Pada pasien tanpa gejala, isolasi dilakukan selama 10 hari sejak terkonfirmasi positif. Untuk pasien positif bergejala, isolasi mandiri dilakukan selama 10 hari sejak timbul gejala ditambah sekurang-kurangnya tiga hari bebas gejala demam dan gangguan pernapasan.

Jika pasien tidak memenuhi syarat klinis dan syarat rumah, maka pasien harus melakukan isolasi di fasilitas isolasi terpusat. Itulah panduan isolasi mandiri Covid-19 Omicron. Jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan, ya!


Topik Menarik