Ustadz Khalid Basalamah Klarifikasi soal Wayang: Saya Tidak Berfikir Menghapuskan Sejarah Nenek Moyang

Ustadz Khalid Basalamah Klarifikasi soal Wayang: Saya Tidak Berfikir Menghapuskan Sejarah Nenek Moyang

Seleb | celebrities.id | Selasa, 15 Februari 2022 - 21:05
share

JAKARTA, celebrities.id - Jagat maya dihebohkan dengan potongan video berisikan ceramah Ustadz Khalid Basalamah mengenai persoalan wayang yang memicu polemik. Dai kondang itu pun memberikan tanggapannya secara pribadi terkait hal tersebut.

Ustadz Khalid Basalamah menegaskan dalam potongan video yang viral tersebut tidak ada kata-katanya yang tidak menyebut wayang sebagai sesuatu yang haram. Namun, dirinya hanya mengajak sesama muslim untuk menjadikan Islam sebagai tradisi bukan tradisi sebagai Islam.

"Kalau ada tradisi yang sejalan dengan Islam tidak ada masalah dan kalau ada bentrok dengan Islam maka sebaiknya ditinggalkan," ujar Ustadz Khalid Basalamah dikutip dari Kanal YouTube Khalid Basalamah Official, Rabu (16/2/2022).

Setiap muslim yang ingin kembali ke jalan Allah SWT termasuk dalang, taubat yang terbaik adalah melakukan taubat nasuha ungkap Ustadz Khalid Basalamah. Kemudian Ustadz Khalid Basalamah pun mengatakan bahwa tidak ada niat dalam dirinya untuk menghapus budaya atau sejarah nenek moyang Indonesia.

"Di sini seorang dalang kalau sudah bertaubat kalau sudah tahu lebih tidak mau lagi melakukan itu, maka mau diapakan wayang-wayang ini. Saya katakan secara individu untuk dimusnahkan sebatas itu, tuturnya.

Saya sama sekali tidak berfikir untuk menghapuskan sejarah nenek moyang Indonesia atau misalnya menyuruhmu dalang-dalang bertaubatlah kepada Allah atau misalnya semua yang harus dimusnahkan. Anda mau melakukannya itu hak Anda, kami sedang ditanya, mohon maaf, lingkup taklim kami," ujarnya.

Topik Menarik