Loading...
Loading…
Apakah Perbedaan Sanksi Kebiasaan dan Adat Istiadat? Ini Penjelasan dan Contohnya

Apakah Perbedaan Sanksi Kebiasaan dan Adat Istiadat? Ini Penjelasan dan Contohnya

Seleb | celebrities.id | Senin, 14 Februari 2022 - 16:55

JAKARTA, celebrities.id- Apakah kamu pernah mengetahui apakah perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat? Perlu kamu ketahui bahwa sanksi kebiasaan dan adat istiadat itu kian berbeda.

Dalam ranah hukum, sanksi mendapatkan arti hukuman yang dijatuhkan oleh pengadilan. Sementara dalam ranah sosiologi, sanksi dapat diartikan sebagai kontrol sosial.

Maka dari itu setiap orang yang mengalami atau tersandung dalam suatu pelanggaran maka akan dikenakan berupa sanksi atau hukuman. Lama dan besarnya sanksi yang dikenakan bergantung pada jenis pelanggaran yang dilakukan. Apabila seseorang melakukan pelanggaran berat, maka hukuman yang dikenakan akan semakin berat juga.

Dalam konteks hukum yang berlaku terdapat dua jenis sanksi, diantaranya meliputi sanksi kebiasaan dan adat istiadat. Lalu apa yang membedakan keduanya?

Berikut ini celebrites.id merangkum dari beberapa sumber, Senin (14/02/2022 ), terkait apakah perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat tersebut Penjelasan Sanksi Kebiasaan dan Adat Istiadat

Sanksi kebiasaan umumnya diberlakukan kepada masyarakat luas, namun unsurnya bersifat mengikat. Sedangkan sanksi adat istiadat juga sifatnya mengikat, akan tetapi hal itu hanya berlaku pada sekelompok orang saja yang memahami adat istiadat dari suatu ketentuan yang telah ditetapkan. sanksi kebiasaan memiliki unsur peraturan tidak tertulis, akan tetapi sanksi ini sudah ada sejak dari jaman dulu dan sudah dijadikan kebiasaan oleh penduduk pada wilayah tersebut.

Baca Juga :
Sudah Hijrah, Roro Fitria Tetap Jalankan Ritual Jawa

Sementara, melihat tentang sanksi adat istiadat memiliki unsur yang bersifat tertulis dan sudah diterapkan secara turun-temurun. Tentunya aturan tersebut sudah dirancang sedemikian rupa dalam suatu kelompok masyarakat.

Sebuah sanksi kebiasaan dalam mengimplementasikannya dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan zaman. Sedangkan, sanksi adat istiadat sifatnya sudah paten dan tidak bisa diganggu gugat . Perbedaan Sanksi Kebiasaan dan Adat Istiadat

Secara umum, Sanksi kebiasaan yang diberlakukan biasanya bersifat hanya untuk menegur dan mendidik pada suatu kelompok. Kendati demikian, sanksi adat istiadat justru memberikan teguran dan hukuman dengan lebih keras atau kompleks. Contoh Sanksi Kebiasaan di Sekolah

Berdiri di depan kelas. Menyapu dan mengepel lantai. Berlari mengelilingi lapangan. Contoh Sanksi Adat Istiadat di Masyarakat

Baca Juga :
Pentingnya Toleransi dalam Perbedaan, Manusia Dapat Saling Mengenal

Membayar denda. Dikucilkan oleh masyarakat. Dicemooh. Dikeluarkan dari masyarakat. Diturunkan status sosial dalam masyarakat.

Original Source

Topik Menarik

{