Ustadz Solmed Tanggapi Rencana Doddy Soedrajat Pindahkan Makam Vanessa Angel: Kasihan Jenazahnya

Ustadz Solmed Tanggapi Rencana Doddy Soedrajat Pindahkan Makam Vanessa Angel: Kasihan Jenazahnya

Seleb | celebrities.id | Kamis, 10 Februari 2022 - 16:45
share

JAKARTA, celebrities.id - Ustadz Soleh Mahmud atau Solmed, angkat bicara mengenai rencana Doddy Soedrajat memindahkan makam sang putri, Vanessa Angel.

Menurutnya pemindahan makam dalam Islam tak bisa dilakukan secara sembarangan, kecuali ada keperluan mendesak.

"Pemindahan makam itu enggak bisa sembarangan ya, kecuali dengan alasan-alasan yang dibenarkan di agama," ujar Solmed dihubungi MNC Portal, Kamis (10/2/2022).

"Misalnya ada longsor, banjir, mau ada pembangunan jalan, atau pemerintah misalnya punya program terus harus memindahkan makam," katanya.

Ustadz Solmed menjelaskan bahwa dalam hukum Islam, pemindahan jenazah adalah haram apabila dilakukan dengan alasan yang tak dibenarkan syariat.

"Hukumnya bisa haram dan makruh dalam pemindahan jenazah. Haram jika tidak ada alasan yang dibenarkan syariat," kata Ustadz Solmed.

"Kalau bagi yang tidak punya alasan syariat, kayak mau lebih dekat ke rumah misalnya. Ya enggak boleh," tuturnya.

Menurut Ustadz Solmed, Doddy Soedrajat sebaiknya tak perlu memindahkan jenazah Vanessa Angel. Dia merasa kasihan dengan almarhumah yang sampai saat ini jadi perbincangan gara-gara keinginan sang ayah.

"Enggak usah, ngapain pindahin makam? Kasihan jenazahnya. Sudahlah, jadi fitnah terus menerus kan kasihan. Masa enggak kasihan sama anaknya? Terus menerus jadi perbincangan orang," kata Ustadz Solmed.

Dibanding memindahkan makam, Ustadz Solmed menganjurkan Doddy Soedrajat mendoakan sang anak yang telah tiada.

"Kasihan lah. Harusnya sudah mendoakan anak semoga diberikan lapang kubur. Bukan terus dibicarakan, akhirnya pembicaraan jadi kemana-mana, kan kasihan," kata Solmed.

Seperti diketahui, Doddy Soedrajat berniat memindahkan makam Vanessa Angel yang saat ini dikubur satu liang lahat bersama suaminya, Bibi Andriansyah di Taman Makam Islam Malaka, ke dekat makam ibunya di TPU Karet Bivak, Jakarta.

Kabarnya, rencana ini akan dilakukan usai 100 hari peringatan meninggalnya Vanessa yang jatuh pada 12 Februari 2022. Warganet pun ramai menghujani Doddy Soedrajat dengan kritik pedas gara-gara rencana tersebut.

Topik Menarik