7 Artis yang merambah bisnis NFT, Anang Hermansyah rilis ASIX

7 Artis yang merambah bisnis NFT, Anang Hermansyah rilis ASIX

Seleb | brilio.net | Kamis, 10 Februari 2022 - 11:10
share

Brilio.net - Semenjak viralnya Ghozali Everyday , banyak warganet yang penasaran dengan NFT atau Non-Fungiable Token. Ghozali terkenal karena berhasil menjual foto selfie dirinya dalam bentuk NFT. Lewat karya uniknya itu, kini ia mengantongi miliaran rupiah.

Sejak saat itu, NFT semakin banyak dibicarakan. NFT merupakan token digital yang terhubung ke blockchain. Tidak jauh berbeda dengan mata uang kripto. NFT dapat berbentuk foto, video, game, dan karya-karya digital lainnya.

Aset NFT berbeda dari aset investasi karena tidak menghasilkan cashflow. Dikutip dari Big Alpha, satu-satunya cara agar dapat menghasilkan penghasilan adalah dengan menjualnya ke pihak lain dengan harga yang lebih tinggi. Sehingga, NFT tidak dapat dipertukarkan, melainkan dengan menjualnya.

Beberapa artis Indonesia diketahui tertarik dengan NFT dan merambah pasarnya. Belakangan mereka menjual karya dan membangun bisnis di NFT. Penasaran siapa saja artis lokal yang terjun ke dunia NFT? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Kamis (10/2).

1. Anang Hermansyah .

foto: Instagram/@ananghijau

Tertarik dengan bisnis NFT, Anang Hermansyah dan Ashanty merilis token kripto bernama ASIX ke pasar NFT. Token kripto yang dikembangkan Anang dan keluarga bersama MC Basyar, SEO IDM Token, ludes terjual saat pertama rilis secara terbatas pada 27 Januari lalu.

Tidak hanya karya, ASIX memungkinkan pengguna memainkan game Pay to Earn (P2E). Diketahui Ariel \'NOAH\' dan Judika ikut meramaikan ASIX dengan membeli masing-masing 1 miliar token ASIX. Sebagai informasi, Token ASIX sudah terdaftar di Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappeti.

2. Luna Maya.

foto: Instagram/@lunamaya

Luna Maya turut merilis NFT berupa karya digital secara terbatas, hanya 10 item pada Juni 2021 lalu. Karya digital orisinal miliknya diproduksi oleh Tokau, perusahaan yang berpengalaman membuat karya NFT untuk para artis Jepang.

Artis kelahiran 1983 ini memasarkan karyanya ke platform NFT Bakery Swap. Dalam kesempatan ini, Luna juga didukung oleh Gushcloud Internasional.

3. Syahrini.

foto: Instagram/@princessyahrini

Penyanyi yang mendapat julukan Inces Syahrini ini merilis NFT berjudul \'Syahrini\'s Metaverse Tour\' pada 14 Desember 2021. Karya seni digitalnya ini berupa avatar yang bergambar dirinya. Avatar dirinya ini juga dapat digunakan di Metaverse, dunia digital 3D yang dikembangkan oleh Meta.

Dilansir dari Instagramnya, avatar tersebut merupakan hasil kerja sama Syahrini dengan PT Anak Gaul Jaksel dan NFT Kings Pro. NFT tersebut dijual lewat salah satu platform jual beli Binance dengan harga persatuan sekitar 20 Binance USD atau sekitar Rp286 ribu. Telah terjual sebanyak 17.800 buah, karya digital Syahrini didapuk sebagai NFT hijab pertama di dunia.

4. Reza Arap.

foto: Instagram/@ybarap

Influencer dan musisi Reza Arap pertama kali merilis produk NFT, yakni Rezarap Smoking Kills, Rezarap -2016, dan Rezarap Purple Pacifier. Ia memasarkan karya digitalnya tersebut melalui salah satu platform NFT, OpenSea. Ketiga produknya berhasil terjual senilai 0,5 ETH per karya, atau sekitar Rp22 juta.

Reza Arap memang dikenal aktif dalam dunia NFT. Diketahui, YouTuber ini juga meramaikan pasar NFT, seperti membeli foto selfie Ghozali Everyday senilai Rp18,6 juta.

5. Wirda Mansur.

foto: Instagram/@wirda_mansur

Wirda Mansur menjadi salah satu yang akan merilis NFT Marketplace. Gadis berusia 21 tahun itu akan meluncurkan token ICOIN dalam waktu dekat. Dalam unggahan Instagram @wirda_mansur, dirinya akan langsung mengembangkan game, metaverse, dan NFT Marketplace.

6. Arnold Poernomo.

foto: Instagram/@arnoldpo

Arnold Poernomo sendiri sudah aktif dalam dunia NFT. Tidak jarang cuitannya di Twitter @ArnoldPoernomo membahas karya-karya NFT yang dibelinya.

Pria yang kerap disapa Chef Arnold ini akan berkolaborasi bersama TokoMall untuk menjual karya NFT. TokoMall memiliki Tokocrypto sebagai platform jual-beli NFT.

7. Ananda Sukarlan.

foto: anandasukarlan

Ananda Sukarlan menjadi musisi yang mendaftarkan karya NFT miliknya. Komposer tersebut diketahui menjual dua musik digital NFT, \'Rapsodia Nusantara No. 35\' dan \'Piano Solo versi Pergi Belajar\' dari Ibu Sud. Keduanya berhasil terjual sekitar Rp1 miliar.

Topik Menarik