Doa sebelum Bersolek Agar Cantik Luar Dalam, Jangan Lupa Diamalkan!

Doa sebelum Bersolek Agar Cantik Luar Dalam, Jangan Lupa Diamalkan!

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 5 Februari 2022 - 15:55
share

JAKARTA, celebrties.id - Bercermin adalah kebiasaan yang selalu dilakukan sehari-hari. Tujuannya untuk melihat apakah penampilan sudah baik atau rapi. Namun, ketika hendak bersolek di depan cermin baiknya Anda berdoa terlebih dahulu.

Salah seorang penceramah, Ustadz Raden Ahmad Affandi, mengatakan ada banyak manusia yang selalu galau ketika wajahnya tidak terias dengan baik, serta banyak pula yang sibuk mempercantik dirinya dengan berbagai cara.

Menurutnya, berapa di antara umat yang merasa galau karena pada saat wajah terlihat tidak terias dengan baik. Hal ini menyebabkan rasa tidak percaya diri atau insecure.

"Berapa banyak di antara kita yang menjadi gelisah karena melihat tubuh kita yang tidak proposional. Berapa banyak diantara kita yang sibuk mempercantik diri, dengan pergi ke salon, make up dan seterusnya," katanya dalam video yang diunggah Okezone beberapa waktu lalu.

Kemudian dia menambahkan, ada suatu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dimana doa ini juga termasuk salah satu riwayat hadist, menjelaskan dan menghubungkan korelasi antara wajah, hati dan akhlak yaitu:

Allahumma kamaa hassanta kholqi fa hassin khuluqi

Artinya: "Ya Allah, sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku"

Kemudian Ustadz Raden menjelaskan, bahwa doa yang diajarkan Rasulullah ini memiliki ikatan yang sangat kuat, yaitu antara zahir (perbuatan yang terlihat oleh mata) dan batin (perbuatan yang tidak terlihat oleh mata). Selain itu, yang harus dipercantik bukan hanya wajahnya saja, melainkan hati atau akhlak pun harus diperbaiki.

"Subhanallah, doa yang diajarkan Nabi ini memiliki ikatan kuat antara zahir dan batin," ujarnya.

Di dalam doa tersebut, tambahnya, Rasulullah SAW seolah-olah menekankan kepada umatnya, yaitu "wahai umatku, ingatlah bukan wajahmu saja yang harus kau percantik. Tapi akhlakmu,". Sebab esensi kecantikan adalah sesuatu yang lahir dari dalam diri. Kemudian, terbentuk menjadi akhlak yang mulia.

Allah memberikan sedemikian rupa wajah manusia. Oleh karenanya, kata Ustadz Raden, kita jangan sampai terlalu sibuk mempercantik hingga terobsesi dalam bersolek diri.

Dia menambahkan, yan harus diperhatikan juga bagaimana akhlak dari manusia itu sendiri, menjadi lebih baik. Oleh karena itu, telinga, wajah, mulut dan semua anggota tubuh yang ada pada manusia mencerminkan esensi dari dalam diri.

"Doa ini adalah doa yang sangat luar biasa. Allah telah menciptakan sebagai manusia yang sempurna dan mengikuti Rasulullah dengan akhlak yang mulia," katanya.

Topik Menarik