Loading...
Loading…
Kementerian PPPA Hadirkan PUTARAN, Ajak Perempuan Siap dalam Berbagai Hal

Kementerian PPPA Hadirkan PUTARAN, Ajak Perempuan Siap dalam Berbagai Hal

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 05 Februari 2022 - 14:45

JAKARTA, celebrities.id - Perempuan harus bisa dalam berbagai hal. Ungkapan tersebut mungkin sudah sering didengar. Berangkat dari itu pulalah Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menyediakan layanan 'PUTARAN' alias pusat pembelajaran perempuan.

Drs. Dermawan, M.Si, Asisten Deputi PUG Bidang Politik dan Hukum Kemetrian PPPA mengatakan perempuan perlu disiapkan dari berbagai hal, mulai dari segi ekonomi, kesehatan, dan lain-lain.

Berikut ini ada beberapa poin yang akan diterapkan kepada perempuan Indonesia melalui Pusat Pembelajaran Perempuan dari Kementerian PPPA.

1. Siap Ekonomi

Literasi digital memang penting, tetapi literasi keuangan pun tak kalah penting. Perempuan diharapkan dapat meningkat dari segi finanasial.

2. Siap Sehat

Sudah sepatutunya perempuan Indonesia memahami tentang kesehatan seperti misalnya reproduksi dan juga akses layanan kesehatan yang bisa dijangkau. Ini bertujuan agara perempuan tak hanya sehat untuk dirinya sendiri, tetapi juga bisa menyebar luaskan informasi kesehatan kepada masyarakat.

3. Siap Pintar

Perempuan diharapkan bisa meningkat dari dari sisi pendidikan, terutama pada STEM atau Science, Technology, Engineering, dan Mathematics.

"Perempuan sangat tertinggal di STEM bagaimana perempuan juga harus bisa masuk ke lingkungan itu, ditingkatkan," ujar Dermawan dalam Konferensi Nasional Perempuan Indonesia 2022 : Gerakan dan Peran Perempuan untuk Perubahan Menuju Indonesia 2024, Sabtu (5/2/22)

4. Siap Hukum

Perempuan Indonesia harus didorong untuk memahami literasi hukum. Terlebih yang berkaitan dengan kehidupan mereka seperti undang-undang terkait KDRT, kebiri, dan sebagainya. Jika kelak terjadi sesuatu yang tak diinginkan, perempuan tak akan kebingungan bagaimana cara menghadapinya.

"Sehingga perempuan itu paham dan tahu haknya menggunakan hukum ketika misalnya melihat kekerasan atau mengalami kekerasan, perempuan paham harus kemana melaporkannya," ujar Dermawan

5. Siap Politik

Menurut Dermawan, perempuan juga mampu menjadi leader. Baik itu kepemimpinan dalam dunia legislatif, ekonomi, dan dimanapun mereka berada.

6. Siap Lestari

Indonesia seringkali dihadapkan dengan beragam bencana alam. Dermawan mengatakan, perempuan dan anak cukup rentan jika sedang terjadi bencana alam. Untuk itulah, perempuan sebaiknya memahami isu lingkungan hidup.

Selian itu, ada pula beberapa isu lingkungan hidup lain yang tak kalah penting untuk dipahami perempuan. Seperti misalnya saja pengelolaan sampah rumah tangga, akses air nersih, sanitasi, dan lainnya.

Jika perempuan Indonesia paham betul akan hal-hal tersebut, tak menutup kemungkinan kelak mereka mampu menhyusun program serta kebijakan luar biasa.

Sementara itu. Dermawan menjelaskan dalam PUTARAN (pusat pembelajaran pemperempuan), Kementerian PPPA juga turut menyediakan Prisma atau pusat informasi sahabat perempuan. Adapun kementerian PPPA berharap slogan 'Perempuan berdaya, Anak Telrindungi, Indonesia Maju' dapat terwujud dengan baik.

Original Source

Topik Menarik