3 Tips Menjaga Kesehatan Mental, Spesialis Kedokteran Jiwa Erickson Siahaan Sebut Curhat Itu Penting!

3 Tips Menjaga Kesehatan Mental, Spesialis Kedokteran Jiwa Erickson Siahaan Sebut Curhat Itu Penting!

Seleb | celebrities.id | Kamis, 3 Februari 2022 - 21:04
share

JAKARTA, celebrities.id - Masalah kesehatan mental dapat diderita oleh siapa pun tanpa memandang usia.

Maka, sangat penting untuk mengetahui cara menjaga mental tetap sehat sehingga terhindar dari depresi, gangguan bipolar, gangguan kecemasan dan gangguan obsesif kompulsif (OCD).

Gangguan mental dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan dan memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri.

Menurut dr. Erickson Siahaan, Sp.KJ kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehdiupan yang meninggalkan dampak yang bersar pada kepribadian dan perilaku seseorang.

"Masalah terkait mental itu bukan karena masalah kekurangan iman atau lemah, tapi banyak faktor ada pola asuh dulu, kepribadian, tarauma-trauma masal lalu," kata dr. Erickson Siahaan, Sp.KJ saat di temui di studio Morning Update, iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (3/2/2022).

Gangguan mental kini menjadi salah satu penyakit yang meraja lela didunia, salah satunya baru-baru ini artis Tanah Air Aliando Syarief mengumumkan dirinya didagnosa OCD. Yuk simaktips untuk menjaga kesehatan mental agar terhindar dari gangguan mental munurutspesialis kedokteran jiwa Erickson Siahaan.

1. Mengenal diri

Menurut dr. Erickson Siahaan, Sp.KJ hal pertama untuk menjaga kesehatan mental adalah mengenali diri sendiri.

Baginya dengan bisa mengenali batasan atau kelebihan dalam diri sendiri dapat membantu seseorang dalam mengolah kepribadian atau mentalnya dengan lebih baik.

2. Curhat

Menceritakan emosi yang tengah dirasakan kepada orang terdekat menjadi salah satu cara lain untuk menjaga kesehatan mental.

Pasalnya, dengan berbagi cerita akan memberikan rasa lega dan setidaknya akan membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Maka bercerita menjadi salah satu cara terbaik dalam menyalurkan emosi.

3. Istirahat yang cukup

Sibuknya aktivitas dan pekerjaan dapat membuat seseorang menjadi lupa meluangkan waktu istirahat untuk dirinya sendiri.

Padahal dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih fresh. Cara yang dilakukan dapat menjalankan hobi, olahraga, menjauhkan diri dari sosial media.

Topik Menarik