Loading...
Loading…
Inilah Makna dan Arti Bakar Lilin di Perayaan Imlek yang Belum Diketahui Banyak Orang, Dekatkan Diri pada Tuhan

Inilah Makna dan Arti Bakar Lilin di Perayaan Imlek yang Belum Diketahui Banyak Orang, Dekatkan Diri pada Tuhan

Seleb | celebrities.id | Selasa, 01 Februari 2022 - 10:44

JAKARTA, celebrities.id - Perayaan Imlek identik dengan ibadah di Vihara. Doa dan harapan dihaturkan dengan khidmat, seraya membakar lilin. Beberapa lilin berukuran besar pun berdiri di dekat altar doa.

Bukan sekadar dekorasi, lilin-lilin yang ada di dekat altar doa memiliki makna yang mendalam. Menurut Awai, tokoh Tionghoa di Vihara Dharma Bakti Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, lilin tersebut \'titipan\' jamaat vihara.

"Iya, lilin ini titipan jamaat vihara yang ingin didoakan harapan dan keinginannya di Imlek 2022 ini," kata Awai, Selasa (1/2/2022).

Soal makna di balik lilin-lilin yang dibakar di perayaan Imlek, Awai mengatakan bahwa itu simbolis dari doa dan harapan yang dipanjatkan kepada Tuhan. Jadi, saat lilin dibakar, asap yang mengepul seperti menghantarkan doa ke Tuhan.

Itu juga yang kemudian membuat lilin-lilin di perayaan Imlek beraneka ragam. Ya, semakin besar lilin diharapkan semakin panjang kemakmuran atau doa yang tersampaikan.

"Jadi, semakin besar lilin, semakin lama dia ada di vihara, dan semakin panjang juga umur doa dan harapannya," ucap Awai.

Selain lilin, jamaat juga membakar hio atau semacam lidih dengan ujung berwarna merah. Hio pun pemaknaannya tidak jauh berbeda dengan membakar lilin.

Original Source

Topik Menarik