Gara-Gara Podcast Joe Rogan, Pangeran Harry dan Meghan Markle Peringatkan Spotify

Gara-Gara Podcast Joe Rogan, Pangeran Harry dan Meghan Markle Peringatkan Spotify

Seleb | celebrities.id | Senin, 31 Januari 2022 - 16:45
share

CALIFORNIA, celebrities.id - Pangeran Harry dan Meghan Markle ikut bergabung dengan kelompok yang tidak setuju atas penyiaran podcast rating tertinggi, The Joe Rogan Experience karena dianggap menyebarkan informasi yang salah tentang kebijakan Covid-19.

Pasangan ini pun melayangkan surat peringatan kepada platform penyedia audio Spotify agar berkomitmen mendukung upaya penyebaran informasi publik yang terpercaya. Lantaran Harry dan Meghan terikat kontrak dengan Spotify melalui Yayasan Archwell.

"Sejak awal melalui Archwell, kami telah bekerja untuk mengatasi krisis informasi global yang salah secara real-time. Ratusan juta orang terkena dampak buruk dari misinformasi dan disinformasi setiap harinya," tulis Harry dan Meghan melalui pesannya, dikutip dari Ladbible, Senin (31/1/2022).

Peringatan tertulis ini menjadi upaya kedua kalinya dari Harry dan Meghan, setelah pada April 2021 lalu mereka mengirimkan surat serupa. Kami menyampaikan keprihatinan kepada mitra kami di Spotify tentang konsekuensi dari kesalahan informasi Covid-19 di platform-nya, tulis pasangan yang dikaruniai dua anak ini.

Spotify sejatinya telah mulai menghapus sekira 20.000 rekaman podcast Rogan. Keterangan yang disematkan atas penghapusan ini terkait keamanan bagi pendengar dan kenyamanan bagi pencipta.

"Kami terus menyampaikan keprihatinan kami kepada Spotify untuk memastikan perubahan pada platformnya dilakukan untuk membantu mengatasi krisis kesehatan masyarakat ini, kata pangeran Harry lagi.

Sebelumnya, pencipta lagu Neil Young dan Joni Mitchell menyatakan akan memboikot layanan straming musik ini karena telah menyebarkan informasi salah tentang pandemi Covid-19. Young sempat mengultimatum Spotify. Kamu lepas aku, atau Rogan," katanya. Spotify pun memilih yang pertama.

Orang-orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan kebohongan yang merenggut nyawa orang," tulis Mitchell dalam situs webnya.

Gitaris Bruce Springsteen Nils Lofgren juga meminta treknya dihapus dan penulis buku terlaris Brene Brown mengatakan dia tidak akan merilis podcast lagi selama Rogan ada di Spotify.

Spotify dikabarkan membayar 100 juta dollar AS atau Rp 1,4 triliun untuk hak atas The Joe Rogan Experience. Namun dalam sebuah pernyataan, mereka akan menghormati keinginan Neil Young dan kawan-kawan.

"Kami ingin semua konten musik dan audio dunia tersedia untuk pengguna Spotify," tulis perusahaan itu.
Kontraversi ini menyebabkan harga saham Spotify turun 26 persen sejak awal tahun.

Topik Menarik