Cara Memotong Kuku yang Benar dalam Islam, Dimulai dari Tangan Kanan Jari Telunjuk

Cara Memotong Kuku yang Benar dalam Islam, Dimulai dari Tangan Kanan Jari Telunjuk

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 28 Januari 2022 - 22:50
share

JAKARTA, celebrities.id - Islam adalah agama yang sangat memperhatikan kebersihan, baik zahir dan batin. Termasuk kebersihan dalam memotong kuku, di mana Islam memiliki tata cara tersendiri, seperti yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Ustadz Adi Hidayat mengungkap bahwa memotong atau membersihkan kuku merupakan bagian yang menunjukan tentang kebersihan yang menjadi bawaan fitrah manusia. Dia pun menjelaskan bahwa dalam Islam sendiri memiliki tata cara memotong kuku yang benar.

"Orang Islam itu mesti tampil dengan bawaan citranya senang dengan kebersihan, kerapihan termasuk dalam kukunya. Al Imam an Nawawi dalam konteks memotong kuku beliau mengajarkan dari kesepuluh jadi ini yang melekat pada tangan maupun kaki," kata Ustadz Adi Hidayat dikutip dari Kanal YouTube Adi Hidayat Official, Jumat (28/1/2022).

Langkah pertama dalam memotong kuku yang benar dalam Islam adalah memulainya dari sebelah kanan pada jari telunjuk. Kemudian dilanjutkan pada jari kelingking, jari manis, jaring tengah dan jempol.

Lalu berpindah pada sebelah kiri dimulai dengan jari kelingking dan diikuti pada jari manis, jari tengah, jari telunjuk serta jempol, begitupun juga kaki. Menurut Ustadz Adi Hidayat ketika memotong kuku sebaiknya dirapikan dengan tisu agar mendapatkan hikmah baik dan menghindari terjadinya hal-hal buruk.

"Tisu ini maksudnya supaya mudah dikumpulkan tinggal dilipat. Nah, ada lagi Ashar itu jejak yang bisa kita dapati contoh-contoh ulama yang bersambung pada sikap mulia. Walaupun bukan kewajiban, tapi dianjurkan untuk dikuburkan seperti rambut maupun kuku dengan tujuan menghormati kemulian yang telah diciptakan oleh Allah, kedua menghindari hal-hal mudharat seperti tukang sihir yang sering menggunakan bagian pada tubuh untuk melakukan hal buruk terutama rambut," katanya.

Topik Menarik