Keistimewaan Hari Jumat, Waktu Dikabulkannya Doa

Keistimewaan Hari Jumat, Waktu Dikabulkannya Doa

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 28 Januari 2022 - 05:05
share

JAKARTA, celebrities.id - Jumat adalah hari yang memiliki banyak berkah. Pada waktu tersebut, dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan baik untuk mendapatkan keutamaannya.

Ketua Bidang Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Abdullah Jaidi, mengatakan, keistimewaan hari Jumat pun tertulis dalam ayat-ayat Alquran. Yakni diisi dengan amalan-amalan baik.

"Sebagai yang dikatakan sohibul ayat. Diisi dengan amalan-amalan baik atau saleh. Di antaranya, sadaqah, salat Jumat, hingga salawat," ujarnya kepada MNC Portal.

Selain itu, Jumat merupakan waktu mustajab berdoa. Kiai Jaidi menambahkan, tidak ada doa khusus untuk di penuh berkah ini. Bisa doa keselamatan, hingga minta pengampunan kepada Allah SWT. Seperti:

Allahumma inna nasaluka salamatan fi ad-dini wa afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-ilmi wa barakatan fi ar-rizqi wa taubatan qablal-mauti wa rahmatan indal-mauti wa maghfiratan badal-mauti. Allahumma hawwin alaina fii sakaratil-mauti wannajata minannari wal-afwa indal-hisabi.

Artinya: "Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati,"

"Tidak ada doa khusus. Semua doa baik. Misalnya, berdoa antara waktu ashar dan magrib," tuturnya.

Dia juga menganjurkan, disunahkan untuk memenuhi amalan-amalan baik di hari Jumat. Sebab ini adalah waktu paling istimewa di antara hari lainnya.

Topik Menarik