7 Jenis Vitamin B untuk Kesehatan Kulit, Apa Saja Manfaatnya?

7 Jenis Vitamin B untuk Kesehatan Kulit, Apa Saja Manfaatnya?

Seleb | celebrities.id | Kamis, 27 Januari 2022 - 01:50
share

JAKARTA, celebrities.id - Semakin bertambahnya usia, kulit pun ikut menua. Oleh karena itu, Anda perlu merawatnya. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin yang baik untuk perawatan kulit, yakni vitamin B kompleks.

"Anda bisa menemukan skincare yang mengandung vitamin B kompleks pada rangkaian produk skincare," ujar Country Director Swissvita Indonesia Sean Lim dalam keterangan resminya, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, skincare yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit yaitu mengandung tujuh jenis vitamin B, yang terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12 atau disebut dengan VitaBTech.

"Skincare ini diformulasikan sendiri oleh para scientist Swissvita Skinlab, dan setiap ingredientsnya (bahan-bahannya) diimpor langsung dari UK, US, Perancis, Switzerland, Jepang, Korea, dan lainnya karena kami berkomitmen pada kualitasnya," tuturnya.

Sementara itu, menurut dermatolog dr. Ruri Pamela, SpKK, vitamin B kompleks telah terbukti secara ilmiah ampuh untuk mengatasi masalah kulit.

"Setidaknya ada tujuh jenis vitamin B yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit," katanya.

Berikut ini tujuh macam vitamin B yang wajib Anda gunakan untuk merawat kulit yang bermasalah:

1. Vitamin B1 (Thiamin)

Berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar akan membawa oksigen dan nutrisi ke sel tubuh, termasuk kulit. Hasilnya, sel kulit akan terus beregenerasi dan membuat kulit menjadi lebih muda dan sehat.

2. Vitamin B2 (Riboflavin)

Merupakan jenis vitamin yang membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah peradangan pada kulit yang rentan berjerawat. Kekurangan vitamin B2 berhubungan dengan meradangnya jerawat. Selain itu, memiliki peran dalam sekresi mukus pada jaringan kulit yang membuat kulit tetap lembut. Vitamin ini bisa mencegah kondisi kulit, seperti eksim dan dermatitis.

3. Vitamin B3 (Niacinamide)

Berperan memperbaiki lapisan teratas kulit, yakni lapisan epidermis dalam menahan kelembaban. Mampu menghambat transfer pigmen ke sel kulit sehingga membentuk flek hitam bisa diminimalisir. Selain itu, dapat meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit semakin kenyal serta memudarkan noda hitam di wajah, ujar dr. Ruri.

4. Vitamin B5 (Pantothenic acid)

Asam pantothenat terbukti mampu mengurangi pembentukan minyak dan mengurangi pembentukan jerawat. Vitaminnya memiliki efek moisturizing yang penting dalam memelihara barrier kulit, sehingga menjadikan kulit terasa lebih kenyal, sehat, dan menyamarkan tanda-tanda penuaan.

 

5. Vitamin B6 (Pyridoxine)

Dapat membantu pembentukan asam amino yang penting dalam memelihara barrier kesehatan kulit. Sayangnya, pyridoxine ini dapat menyebabkan kulit mengalami peradangan atau sensitif terhadap bahan atau kandungan iritan/alergi, kata dr. Ruri.

6. Vitamin B9 (Folic Acid)

itamin B9 atau disebut juga sebagai asam folat merupakan suplemen untuk mencegah dan mengatasi kekurangan (defisiensi) vitamin B9. Vitamin B9 berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah, dan materi genetik, seperti DNA.

Selain itu asam folat juga digunakan untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf (neural tube defect) pada janin.

Secara alami, kebutuhan akan vitamin B9 dapat dicukupi dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat, seperti hati sapi, bayam, sereal, brokoli, kubis, lobak, selada, pepaya, pisang, alpukat, jeruk, lemon, kacang tanah, telur, atau ikan.

7. Vitamin B12 (Cobalamin)

Fungsinya berperan mencegah kemerahan atau peradangan pada kulit melalui mekanisme menghambat pembentukan radikal bebas. Selain itu bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah yang sehat, mengoptimalkan fungsi saraf, menghasilkan energi, serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Vitamin B12 terkandung secara alami di dalam makanan dan tersedia juga dalam bentuk suplemen tambahan. Sumber vitamin B12 alami antara lain ikan, kerang, daging, hati, telur, susu, yoghurt dan keju.

Topik Menarik