Loading...
Loading…
Biaya Program Hamil Bayi Tabung di Indonesia Capai Rp80 Juta, Cek Fasilitas yang Didapat

Biaya Program Hamil Bayi Tabung di Indonesia Capai Rp80 Juta, Cek Fasilitas yang Didapat

Seleb | celebrities.id | Selasa, 25 Januari 2022 - 18:50

JAKARTA, celebrities.id - Program hamil lewat bayi tabung membutuhkan proses yang lama dan harga hingga Rp80 juta. Bagi pasangan suami istri yang ingin memiliki bayi tabung pun harus memastikan sarana medis yang tersedia di rumah sakit pilihan.

Dilansir dari berbagai situs kesehatan, Selasa (25/1/2022), harga program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) terpisah dari beberapa alat dan fasilitas hingga jasa konsultasi dengan dokter.

Klinik kencana yang berada di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) misalnya, mematok harga sekira Rp45 juta. Paket ini meliputi obat yang mencapai Rp20 juta dan Embrio Transfer (ET) yang mencapai Rp25 juta.

Biaya itu belum termasuk biaya konsultasi, USG, jasa suntik, cek laboratorium, kamar inap, obat obat pasca OPU dan ET. Jadi perkiraan total bayi tabung di Klinik Kencana akan menelan biaya sekitar Rp65-70 juta, kata situs siapnikah.org.

Dalam situs itu juga, dijelaskan sebelum melakukan program ini, pasutri wajib membayar DP sebesar Rp25 juta. Barulah nantinya akan ditagihkan setelah memulai progam IVF.

Tak jauh berbeda terjadi di Klinik Melati RSAB Harapan Kita. Klinik pertama bayi tabung di Indonesia sejak 1998 ini juga mematok harga yang sama. Bahkan keberhasilan klinik ini setara dengan Klinik di Amerika dan Eropa yang mencapai 40 persen.

Baca Juga :
RI Bidik Transaksi Rp 876 Triliun dari Perjanjian Dagang dengan AS

Klinik milik pemerintah ini disinyalir jauh lebih murah, selain itu klinik ini juga memberikan hubungan tim bayi tabung dan pasangan secara baik. Karenanya, tak heran anak hasil proses bayi tabung terus mendapatkan pemantauan.  

Sedangkan untuk biaya, melalui beragam situs kedokteran tercatat biaya pengobatan stimulus selama 10-14 hari akan mencapai Rp25-30 juta, OPU Rp19 juta, ET Rp7 juta dan simpan beku embrio Rp 8,7 juta untuk 2 tahun. Dengan perincian itu, diperkirakan harga bayi tabung mencapai Rp60 juta.

Sementara di klinik dr Sander B atau Daya Medika yang merupakan tim dokter di klinik Yasmin RSCM. Harga yang ditawarkan klinik ini mencapai Rp80 juta.

Selain jauh lebih private. Klinik ini juga menerapkan metode SMART yaitu Sophisticated, Modern, Affordable, Reproductive and Technology. Setiap pasangan didampingi tim yang komunikatif bahkan sejak tahap konsultasi sebelum memutuskan untuk melakukan IVF di sini.

Pada 2020 lalu, Klinik Daya Medika membuat dua progam bayi tabung dengan biaya yang berbeda berdasarkan obat yang digunakan. Progam pertama, IVF Gonal biayanya Rp46,9 juta. Progam kedua, IVF Menopur Rp48,9 juta. Semua progam dibayarkan dua kali saat memulai progam dan sebelum OPU.

Baca Juga :
Mendag: Gerai Maritim Mampu Turunkan Disparitas Harga Pangan

Biaya itu belum termasuk konsultasi dokter, USG, cek laboratotium, rontgen, ECG, obat-obatan pasca operasi, analisa sperma, inseminasi, freezing sperma, freezing embrio. Bila ditotalkan maka harga bayi tabung sekira Rp80 juta.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{