Mengenal Metode Surogasi, Cara Memiliki Anak Pilihan Priyanka Chopra dan Nick Jonas

Mengenal Metode Surogasi, Cara Memiliki Anak Pilihan Priyanka Chopra dan Nick Jonas

Seleb | celebrities.id | Minggu, 23 Januari 2022 - 20:45
share

JAKARTA, celebrities.id - Priyanka Chopra dan Nick Jonas kini tengah berbahagia. Pasangan yang menikah pada 1 Desember 2018 itu kini dikaruniai anak perempuan yang lahir melalui metode surogasi alias ibu pengganti. Lantas, apakah yang dimaksud dengan metode surogasi?

Melansir situs news18, Minggu (23/1/2022), metode surrogate atau surogasi adalah jenis kehamilan di mana seorang wanita mengandung dan melahirkan bayi untuk wanita lain. Dengan kata lain, mereka 'menitipkan' anak di dalam rahim wanita lain.

Surogasi melibatkan pembuahan sel telur seorang wanita dengan sperma dari pendonor sperma atau calon ayah melalui prosedur medis untuk membuat embrio. Nantinya, embrio itu akan ditanamkan di rahim ibu pengganti yang akhirnya akan melahirkan sang bayi. Metode ini bisa membantu para orang tua yang ingin memiliki bayi namun tak bisa hamil karena suatu hal.

Nah, metode surrogate sendiri memiliki dua jenis yang dikenal di dunia, yaitu traditional surrogate dan gestational surrogates. Dalam metode traditional surrogate, ibu pengganti dianggap sebagai ibu kandung bayi karena sel telurnya yang dibuahi. Sang ibu pengganti akan mendapat inseminasi buatan dengan sperma ayah, kemudian akan melahirkan bayi yang akan diasuh oleh orang tua sahnya.

 

Sementara dalam metode gestational surrogates, ibu pengganti tidak memiliki hubungan biologis dengan bayi karena telur dan sperma keduanya berasal dari orang tua yang sah. Teknik ini melibatkan pengumpulan sel telur dari ibu yang akan dibuahi oleh sperma dari sang ayah, sebelum menempatkan embrio ke dalam rahim ibu pengganti.

Melahirkan bayi melalui metode surrogate ini melibatkan proses hukum seperti yang dinyatakan oleh pemerintah. Orang tua sah dan ibu pengganti diharuskan menandatangani perjanjian untuk menghindari masalah di masa depan yang berkaitan dengan hak-hak hukum anak.

Metode memiliki bayi surrogate mother ini telah berkembang pesat di seluruh dunia karena semakin banyak orang tua yang mulai memilihnya.

Topik Menarik