Loading...
Loading…
Kiat Menjaga Kebersihan Hati, Salah Satunya Hilangkan Rasa Iri

Kiat Menjaga Kebersihan Hati, Salah Satunya Hilangkan Rasa Iri

Seleb | celebrities.id | Jumat, 21 Januari 2022 - 22:15

JAKARTA, celebrities.id - Sebagai umat Islam yang beriman, maka sudah menjadi kewajiban untuk menjaga kebersihan hati dari sifat tercela seperti dengki, iri dan sombong. Kali ini dalam tausiah KH Muhammad Nur Hayid menjelaskan kiat menjaga kebersihan hati dalam Islam.

KH Muhammad Nur Hayid mengatakan ketika hati dipenuhi dengan keirian, maka dapat menghilangkan segala amalan yang telah dikumpulkan. Pasalnya, iri merupakan penyakit halus yang diturunkan oleh Allah SWT dan nilainya sepadan dengan menyekutukan Sang Maha Pencipta ungkapnya.

"Iri itu mengandung 'Asyirkul Khofi' atua musyrik. Karena kalau sudah iri berarti dia tidak ikhlas. Kalau sudah tidak ikhlas munculah ria, sombong dan penyakit hati lainnya," kata KH Muhammad Nur Hayid dikutip dari Kanal YouTube iNews Agama, pada Sabtu (22/1/2022).

KH Muhammad Nur Hayid pun menyebutkan bahwa dalam Islam ada iri yang diperbolehkan. Namun tetap saja menjaga kebersihan hati menjadi peranan yang penting, menurutnya salah satu cara agar hati jauh penyakit keirian adalah dengan memperbanyak membaca Alquran terlebih surat Al-Falaq.

"Karena di akhir surat ini ada doa yang terbaik dari keburukan orang-orang hasut. Lalu, ada iri yang diperbolehkan dalam Islam yaitu iri terhadap ahli agama dan dia mengamalkan agamanya dengan baik," katanya.

Baca Juga :
Patut Dicoba! Cara Ajari Anak Biar Gak Iri Hati, Harus Bersyukur

Original Source

Topik Menarik

{
{