Jelang MotoGP 2022, Menparekraf Sebut Okupansi Hotel di Lombok Nyaris Penuh

Jelang MotoGP 2022, Menparekraf Sebut Okupansi Hotel di Lombok Nyaris Penuh

Seleb | celebrities.id | Kamis, 20 Januari 2022 - 23:52
share

JAKARTA, celebrities.id - Menjelang perhelatan olahraga MotoGP Mandalika 2022 yang akan berlangsung pada Maret 2022, berbagai akomodasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah banyak dipesan sejak jauh hari.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, berdasarkan data dari Asosiasi Hotel Mataram, okupansi hotel di Lombok sudah mencapai 90 persen.

Sandiaga menuturkan, kesiapan akomodasi untuk menyambut MotoGp Indonesia 2022 di Mandalika baik penginapan, rumah makan hingga moda transportasi diprioritaskan.

Ia menjelaskan, total akomodasi penginapan di Lombok hanya tersedia sekitar 23 ribu unit per Desember 2021. Untuk itu Kemenparekraf terus mendorong Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) yang dibangun oleh KemenPUPR, termasuk homestay yang sudah existing di Lombok untuk ikut mengakomodasi pengunjungan MotoGP.

"Dan saat ini sudah ada sekitar 300 Sarhunta yang telah dibangun KemenPUPR dan telah dalam proses sertifikasi CHSE," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan resminya saat Weekly Press Briefing, Senin (10/01/22).

Sementara itu, Country Head OYO Indonesia, Agus Hartono Wijaya mengatakan, sebagai pelaku industri pariwisata pihaknya sangat menyambut baik perhelatan internasional MotoGP 2022, yang memberikan dampak positif bagi industri pariwisata di masa pandemi ini.

"Kami akan mendukung dan terus berupaya untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat akan akomodasi jelang perhelatan, melalui akomodasi yang telah terstandarisasi, staf hotel yang sudah divaksinasi, kemudahan pemesanan kamar serta pengalaman menginap menyenangkan, yang dapat tamu dapatkan dengan harga yang kamar terjangkau," katanya.

Lebih lanjut, kenyamanan dan keamanan para tamu menjadi prioritas, sehingga ia juga senantiasa meninjau kesiapan properti kami menjelang perhelatan MotoGP. Di mana event ini akan mengundang sorotan mata dari seluruh dunia.

Agus menambahkan, pada 3022 yang diiringi dengan penyelenggaraan ajang MotoGP Mandalika 2022, pihaknya yakin bahwa industri perhotelan akan terus bangkit.

Hal ini terlihat dari antusiasme dan tingkat kepercayaan diri masyarakat yang meningkat, yakni melalui pemesanan kamar hotel yang sudah hampir penuh di wilayah Lombok ini.

Ditambah lagi dengan upaya pemerintah untuk menyerap lebih dari 100 ribu wisatawan lokal dan mancanegara dalam menyambut ajang internasional tersebut.

"Kami yakin wisatawan domestik akan menggerakkan kembali roda perekonomian nasional dan kami pun sudah tidak sabar menyambut wisatawan untuk kembali travelling, tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara baik," ujarnya.

Topik Menarik