Keutamaan Puasa Sunah Kamis, Dibukakan Pintu Surga hingga Kesehatan Jasmani

Keutamaan Puasa Sunah Kamis, Dibukakan Pintu Surga hingga Kesehatan Jasmani

Seleb | celebrities.id | Kamis, 20 Januari 2022 - 00:22
share

JAKARTA, celebrities.id - Kamis merupakan hari di mana berdekatan dengan Jumat, waktu yang memiliki banyak keutamaan di dalamnya. Bahkan, setiap amalan baik dilakukan di hari tersebut, Allah SWT akan datangkan berbagai keberkahanNya.

DAI Muda Nahdatul Ulama Ustadz M Najmi Fathoni mengatakan, di antara ibadah yang dicatat pada Kamis ketika Muslim menjalankan amalan sunah, yakni salah satunya adalah menjalankan puasa sunah. Sebab di dalamnya terdapat keistimewaan bagi umat Islam.

"Mengenai keutamaan puasa Senin dan Kamis, ada hadist juga yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi. Rasulullah menyebutkan, ada berbagai amalan itu dilaporkan kepada Allah yaitu pada hari Senin dan Kamis," ujarnya saat dihubungi MNC Portal belum lama ini.

Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: "Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku berpuasa," (HR. Tirmidzi; shahih lighairihi).

 

Selain itu, kata ustadz Najmi, bagi yang melaksanakan puasa Kamis terdapat manfaat lainnya yang begitu banyak. Salah satunya adalah dapat menjaga kesehatan tubuh.

Lebih lanjut, hari Kamis juga waktu dibukanya pintu surga. Hal ini menunjukkan betapa mulianya hari tersebut, dan beruntungnya bagi orang-orang yang berpuasa sunah pada waktu itu.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu diampuni kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan. (HR. Muslim).

Topik Menarik