Mira Lesmana Baru Tahu Ir. Ciputra Ternyata Mantan Atlet Lari

Mira Lesmana Baru Tahu Ir. Ciputra Ternyata Mantan Atlet Lari

Seleb | jawapos | Rabu, 19 Januari 2022 - 17:45
share

JawaPos.com - Yang orang banyak tahu, Ir. Ciputra adalah seorang pengusaha yang memiliki kepedulian pada dunia olah raga bulu tangkis. Tapi tak banyak yang tahu bahwa sang pengusaha pernah menjadi atlet lari puluhan tahun silam.

Produser Mira Lesmana mengaku baru tahu bahwa Pak Ci, sapaan akrab Ciputra, ternyata adalah mantan atlet lari. Saya awalnya tidak tahu Pak Ci mantan pelari. Saya jadi tahu pas buat film ini. Jadi kita juga belajar, katanya dalam jumpa pers di bilangan SCBD Sudirman Jakarta Selatan Rabu (19/1).

Ciputra punya alasan kuat kenapa dia memilih membuat PB Jaya Raya, tempat persemaian bibit unggul pebulu tangkis. Sejak awal dia sudah punya keyakinan bahwa cabang olah raga ini cocok untuk orang Indonesia.

Ciputra yakin betul olah raga bulu tangkis akan dapat mengharumkan nama bangsa di kejuaraan dunia. Keyakinannya itu menjadi nyata seiring berjalannya waktu.

Sejumlah atlet di bawah binaan Pak Ci muncul harumkan nama bangsa. Salah satunya adalah Susi Susanti.

Dia pernah menjadi pembina sepak bola dan bulu tangkis. Tapi dia lebih pilih bulu tangkis karena ini cocok dengan orang Indonesia, tuturnya.

Beliau milih bulu tangkis sebetulnya punya keinginan akan berkontribusi pada bangsa. Lewat bulu tangkis kita bisa dihargai dunia. Pada dasarnya beliau olah ragawan, tuturnya.

Film dokumenter Ir. Ciputra mengangkat perjuangannya dalam membentuk klub dari awal sampai mencapai kesuksesan. PB Jaya Raya melahirkan banyak atlet yang mampu membanggakan bangsa Indonesia di kejuaraan dunia.

Film yang dipandu oleh Nicholas Spautra ini tidak saja mengangkat dari sisi kesuksesan Pak Ci. Sisi perjuangan penuh darah, mengalami pasangan surut seiring usahanya yang sempat menurun juga diungkap di dalamnya.

Film dokumenter tentang Ciputra ini kini dapat ditonton di kanal YouTube Pembangunan Jaya dan Miles Film.

Topik Menarik