Heboh Penggalangan Dana Rumah Gala Sky, Susi Pudjiastuti Ikut Beri Komentar

Seleb | kuyou.id | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 20:35
Heboh Penggalangan Dana Rumah Gala Sky, Susi Pudjiastuti Ikut Beri Komentar

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ikut memberi komentar terkait hebohnya penggalangan dana rumah Gala Sky.

Hal tersebut diungkap oleh Susi Pudjiastuti melalui akun Twitter-nya pada Jumat, 7 Januari 2022.

Dalam cuitannya tersebut, Susi Pudjiastuti terlihat bingung mengapa penggalangan dana rumah almarhumah Vanessa Angel harus memiliki izin Kemensos.

"Maaf, kenapa harus izin?" tulis Susi Pudjiastuti dalam Twitter-nya pada Minggu, 9 Januari 2022.

 

Polemik penggalangan dana rumah Gala Sky

Sebelumnya, penggalangan rumah Gala Sky yang mencapai Rp2,4 miliar ini menuai beragam polemik.

Penggalangan dana yang dilakukan oleh sahabat Vanessa Angel, Marissya Icha, dilaporkan oleh ayah Vanessa, Doddy Sudrajat, ke Kemensos. Bukan tanpa alasan, penggalangan tersebut disebut-sebut tak memiliki izin dari Kemensos.

Tak hanya itu, Doddy juga melaporkan Marissya Icha terkait penggalangan dana yang ia lakukan untuk Gala Sky.

Pihak Kementerian Sosial pun sempat memberikan pernyataan terkait penggalangan dana rumah Gala Sky. Pihak Kementerian Sosial tersebut menyebut bahwa uang dari penggalangan dana tersebut bisa disita negara.

Direktur Pengelola Sumber Dana Bantuan Sosial Salahuddin Yahya menyebut bahwa penggalangan dana tersebut memang harus mengantongi izin.

Hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 8 Tahun 2021 dan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1961. Dalam aturan tersebut dinyatakan bahwa pengumpulan uang atau barang yang boleh dilakukan oleh perorangan, melainkan lewat yayasan atau organisasi masyarakat yang berbadan hukum.


Tanggapan netizen


Cuitan Susi Pudjiastuti tersebut pun menuai beragam komentar netizen. Beberapa di antaranya menjawab pertanyaan Bu Susi.

"Kalau dari baca beritanya, biar aliran dananya bisa dipastikan benar-benar sampai ke tujuan bu," kata seorang netizen.

"Ada bagusnya minta surat ijin dulu ke kemensos.. Dan kemensos juga bagus, biar dana nya tepat sasaran.. Dan juga kan anak nya Vanessa masih kecil peninggalan orang tua nya miliaran.. Buka donsi itu buat korban korban bencana dan anak-anak yatim panti jompo yg kurang mampuh," kata netizen.

"Lol aneh, emang sebelum-sebelumnya semua penggalangan donasi harus ada ijin kemensos semua? Aneh.." ungkap netizen.

"Bingung, kita berbuat baik untuk sesama kenapa harus izin kemensos? Jika logikanya begitu ngasi uang ke teman, ngasi uang top, ngasi makan orang susah, hadiah ultah, kado perkawinan harus izin kemensos juga?" tulis netizen.

Artikel Asli