Dianggap Berjasa, Leonardo DiCaprio Jadi Inspirasi Nama Spesies Pohon Baru

Dianggap Berjasa, Leonardo DiCaprio Jadi Inspirasi Nama Spesies Pohon Baru

Seleb | republika | Jum'at, 7 Januari 2022 - 18:37
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kecintaan Leonardo DiCaprio terhadap lingkungan mendapat tanggapan positif dari para peneliti. Tim dari Royal Botanic Gardens, Kew, di Inggris menamai spesies pohon baru dengan nama belakang sang aktor.

Spesies pohon baru yang ditemukan di hutan Kamerun itu dinamai Uvariopsis dicaprio . Dengan cara itu, para ilmuwan bermaksud menghormati upaya ekologis DiCaprio menyelamatkan lingkungan, utamanya hutan hujan.

"Kami pikir perannya sangat penting dalam membantu menghentikan penebangan hutan Ebo," kata ahli botani Kew, Martin Cheek, kepada BBC . Uvariopsis dicaprio adalah jenis tumbuhan pertama yang diberi nama oleh peneliti Kew pada 2022.

Pohon itu merupakan pohon cemara tropis kecil dengan bunga kuning yang tumbuh dari batangnya. Ini adalah anggota dari keluarga tanaman kenanga, dan sudah diklasifikasikan "sangat terancam punah".

Suatu spesies perlu memiliki nama ilmiah agar peneliti bisa menilai risiko kepunahan dan mengupayakan perlindungan spesies. Sangat penting untuk melindungi mereka sebelum terjadi kepunahan.

Pada 2021, ada lebih dari 200 tanaman dan jamur di seluruh dunia yang diberi nama oleh para ilmuwan dan kolaborator Kew. Beberapa di antaranya punah atau terancam karena perubahan iklim.

"Masih ada ribuan spesies tumbuhan dan mungkin jutaan spesies jamur di luar sana yang belum kita ketahui. Habitat alami tempat mereka tumbuh semakin cepat dihancurkan oleh manusia," ujar Cheek.

Itu sebabnya kepedulian pesohor seperti DiCaprio menjadi penting karena bisa menggerakkan banyak orang untuk ikut terinspirasi. DiCaprio berjasa mencegah penebangan yang bisa berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Original Source
Topik Menarik