9 Bulan dilanda sakit, ini 9 cerita Robby Purba lawan tumor payudara

9 Bulan dilanda sakit, ini 9 cerita Robby Purba lawan tumor payudara

Seleb | brilio.net | Sabtu, 1 Januari 2022 - 23:15
share

Brilio.net - Ancaman kanker payudara bukan hanya berlaku untuk perempuan, laki-laki pun tak lepas dari risiko terkena penyakit ini. Kanker payudara dimulai ketika sel-sel di payudara mulai tumbuh di luar kendali. Sel ini biasanya membentuk tumor atau dirasakan juga sebagai benjolan.

Kanker payudara pada laki-laki menyumbang kurang 1% dari semua diagnosis kanker di seluruh dunia. Salah satu faktor dalam keterlambatan diagnosis adalah kurangnya kesadaran.

Host Robby Purba beberapa bulan lalu diagnosis mengidap kanker payudara. Beruntung Robby Purba langsung bertindak cepat setelah mendapati tumor pada payudaranya.

Tindakan cepat dari presenter 35 tahun itu membuahkan hasil yang baik bagi Robby. Iamelalui operasi pengangkatan tumor dan berangsur pulih setelah 9 bulan menahan sakit. Dilansir brilio.net dari Instagram @robbypurba, berikut 9 cerita Robby Purba melawan tumor payudara. Sabtu (1/1).

1. Sudah 9 bulan Robby Purba menahan rasa sakit yang disebabkan oleh tumor payudara yang ada di tubuhnya.


2022 Instagram/@robbypurba

2. Aktivitasnya seperti olahraga, syuting, bahkan sekadar naik turun tangga, jadi terganggu karena rasa sakit yang disebabkan benjolan di payudaranya itu.


2022 Instagram/@robbypurba

3. Selain genetik, ia membeberkan faktor penyebab tumor yang muncul di payudaranya, yakni karena supplements gym dan susu.


2022 Instagram/@robbypurba

4. Robby harus menjalani operasi pengangkatan tumor pada payudara. Di bantu oleh suster jaga, Robby menaiki kursi roda berjalan menuju ruang operasi.


2022 Instagram/@robbypurba

5. Operasi pun berjalan lancar. Selama 2,5 jam dia berada di ruang operasi untuk melawan penyakitnya itu. "Sudah diangkat tumornya di dada abang, semoga gak berkembang ke mana-mana ya," tulis Robby dalam keterangan sebuah postingan.


2022 Instagram/@robbypurba

6. Kondisinya yang sakit mau tak mau membuat Robby melewati malam tahun barunya di rumah sakit. Walau begitu ia baik-baik saja, karena kesehatannya saat ini lebih penting.


2022 Instagram/@robbypurba

7. Pada sebuah postingan yang diunggah Robby, pembawa acara talkshow itu menyarankan agar tidak mengonsumsi suplemen gym sembarangan. "Pesan abang, gak usah minum2 supplement gym tanpa konsultasi ke dokter yah," tulisnya dalam video.


2022 Instagram/@robbypurba

8. Setelah pulih, Robby akhirnya diizinkan untuk pulang dan menjalani pemulihan di rumah. Ia tampak senang bisa kembali ke rumah dan bisa berkumpul dengan ibunya.


2022 Instagram/@robbypurba

9. Doa dan dukungan juga mengalir dari teman sesama artis, sahabat, dan penggemar Robby Purba. Ia bahkan mendapatkan kiriman bunga dan bingkisan dari teman-temannya itu.


2022 Instagram/@robbypurba

Topik Menarik