Loading...
Loading…
Fakta-Fakta Omicron, Jenis Virus Corona Baru yang Masuk Kategori Variant Of Concern WHO

Fakta-Fakta Omicron, Jenis Virus Corona Baru yang Masuk Kategori Variant Of Concern WHO

Seleb | kuyou.id | Sabtu, 27 November 2021 - 11:33

Berikut ini fakta-fakta Omicron yang merupakan jenis virus Corona baru yang masuk dalam kategori Variant Of Concern (VOC) WHO gaes!

Kelompok Penasihat Teknis tentang Evolusi Virus Corona (SARS-CoV-2) yang dibentuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini mengumumkan jenis virus Corona baru bernama Omicron atau Covid-19 B.1.1.1.529 pada Jumat, 26 November 2021.

Omicron atau Covid-10 B.1.1.1.529 merupakan varian baru virus corona yang ditemukan pertama kali di Afrika Selatan.

Varian baru virus Corona ini diketahui ditetapkan oleh WHO sebagai Variant Of Concern (VOC) yang berarti mengkhawatirkan.

Simak fakta-fakta jenis virus corona baru Omicron, yang sudah dihimpun Tim KUYOU.id dari berbagai sumber berikut ini!

1. Telah ditetapkan WHO sebagai Variant of Concern (VOC)

Omicron diketahui merupakan jenis virus corona baru yang sudah ditetapkan oleh WHO sebagai kategori Variant of Concern (VOC) alias mengkhawatirkan.

Hal ini karena virus ini terbukti mengalami perubahan karakteristik yang lebih merugikan seperti lebih menular, hingga meningkatkan keparahan.

2. Memiliki 50 mutasi

Selain itu, Omicron juga memiliki sebanyak 50 mutasi dan 32 diantaranya berada pada protein spike (bagian pada virus yang mengikat pada sel manusia.

Baca Juga :
WHO Amati Virus BA.4 dan BA.5, Satgas Covid-19: Varian Berbahaya Mungkin Tak Ada Lagi

3. Ditemukan di Afrika Selatan

Varian baru virus Covid-19 B.1.1.1.529 ini diketahui pertama kali ditemukan di Afrika Selatan, dan saat ini sudah menyebar ke beberapa negara seperti di Hong Kong, Botswana, dan Belgia.

4. Masih diteliti

Para peniliti hingga kini masih membutuhkan waktu beberapa minggu untuk benar-benar memahami apakah ada perubahan dalam tingkat penularan, tingkat keparahan, atau implikasi terhadap vaksin, tes, dan vaksin pada Omicron ini.

5. Lebih berbahaya dari jenis Delta

Berdasarkan data kenaikan kasus di Afrika Selatan, virus Corona jenis Omicron ini diperkirakan lebih cepat menular dibandingkan jneis Delta.

6. Meningkatkan resiko reinfeksi

Fakta lain menyebutkan jika Omicron ini diduga bisa meningkatkan resiko reinfeksi pada penyintas Covid-19.

7. Masih terdeteksi dengan PCR

Meski begitu, kalian tak perlu panik karena virus corona jenis baru Omicron ini masih bisa terdeteksi dengan alat tes PCR.

Nah, itulah fakta-fakta Omicron yang merupakan jenis virus Corona baru yang masih dalam kategori Variant Of Concern WHO gaes.

Baca Juga :
Ciri-Ciri Kena Omicron yang Berbeda dari Varian Covid-19

Original Source

Topik Menarik